Panduan Bisnis Ternak Untung

3 Aturan dasar budidaya maggot BSF

banner

bosternak.com – Segala usaha ternak memiliki element-element dasar sebagai pondasi. Berikut adalah 3 Aturan dasar budidaya maggot BSF

Budidaya maggot BSF

Budidaya maggot BSF
Lalat Hitam adalah serangga yang cukup sederhana untuk berkembangbiak dalam koloni. Lalat dewsa akan kawin, bertelur, larva menetas jadi Maggot BSF untuk makan sampah organik. Belatung ini lalu dapat dipanen untuk dijadikan pakan alternatif bagi ternak pemakan protein hewani seperti unggas, ikan, hewan hobi , dll.
Bagaimanapun juga, struktur biologi serangga ini memiliki struktur yang unik sebagai tantangan untuk peternak maggot bsf pemula, yang seringkali membuat budidaya maggot bsf menjadi gagal.
Jadi pada kesempatan kali ini pak bos akan menerangkan 3 Aturan dasar budidaya maggot BSF , simak selengkapnya

3 Aturan dasar budidaya maggot BSF

Aturan dasar budidaya maggot BSF

1. Lalat hitam dewasa adalah kunci produksi anda,

tanpa koloni dewasa, anda tidak akan dapat menghasilkan belatung Black Soldier Fly anda secara berkelanjutan. Untuk melakukannya anda wajib merancang kandang BSF yang cocok dan membuat mereka nyaman didalamnya, dapat terbang secara aktif, paparan suhu yang hangat (27 derajat selsius), kelembapan yang tinggi (70%), dan banyak sinar baik itu sinar matahari ataupun cahaya buatan. Semua faktor ini berdampak pada keaktifan dan bertelur lalat.

2. Pakan yang anda berikan berdampak pada hasil kualitas larva anda.

Lalat hitam dapat mengkonsumsi hamir semua bahan organik, jika anda menggunakan limbah makanan, anda bisa memotongnya menjadi bagian-bagian yang lebh kecil ( chopper/blender). Melakukan tindakan ini akan mempermudah Maggot Bsf untuk mengkonsumsi makanan, mengurangi bau, serta menghindari serangga lain untuk mendekat. Juga pastikan hanya memberi makanan yang organik, karena pemberian daging akan membuat mereka akan kesulitan untukmencernanya.

3. Jaga kebersihan lokasi anda.

Aturan ini sangat penting untuk menjaga produksi anda. Pastikan anda selalu membersihkan lokasi kandang dan alat2 lain yang diguakan paling tidak seminggu satu kali. Hal ini akan mencegah hadirnya hama lalat lain dan juga tikus untuk mendekat.

membersihkan kandang maggot BSF
Simak juga :
So, bagaimana bro ? semoga pembahasan 3 Aturan dasar budidaya maggot BSF  ini bisa membantu anda dalam beternak lalat hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...