Ternak Untung

9 Jenis Lovebird Paling Bagus di Indonesia dan Harganya

banner

Bosternak.com – Pembahasan tentang 9 Jenis Lovebird Paling Bagus di Indonesia dan Harganya lengkap dengan spesifikasinya memang penting sebagai sarana update terbaru para penghobby, terlebih lagi untuk mereka yang sedang belajar tentang burung yang satu ini. Di samping untuk mempermudah perawatan, pengenalan tentang burung ini juga penting untuk memaksimalkan proses pelatihan dan pemasteran.

Tapi selain mengenali jenis dan spesifikasinya, Anda pun harus jeli dalam membedakan jenis dengan yang lainnya. Pasalnya, beberapa jenis dari burung ini memang memiliki karakter dan ciri fisik yang serupa. Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa ciri khusus yang bisa digunakan untuk membedakan jenis satu dengan yang lainnya.

Jenis Lovebird Paling Bagus di Indonesia dan Harganya

Di bawah ini adalah jenis-jenis Lovebird yang bisa Anda kenali dan banyak ditemui di Indonesia:

1. Lovebird Madagaskar (Agapornis cana)

Lovebird Madagaskar

Jenis ini adalah hewan endemik di Pulau Madagaskar, Afrika. Namun seiring berjalannya waktu, semakin kesini jumlahnya kian jarang, sehingga burung ini pun masuk ke kategori burung langka.

Ciri fisik yang menonjol adalah kepalanya yang berwarna putih keabu-abuan, tubuh dan bagian dada berwarna hijau muda, sedang sayapnya berwarna hijau tua. Panjang tubuhnya 14 cm, berat badannya 30 gram.

Harga lovebird Madagaskar : 

  •   Anakan : Rp. 1.500.000
  •   Usia 3 bulan : Rp. 2.500.000
  •   Siap tampil : Rp. 5.000.000

Ket: Jangan tanyakan ke saya gimana cara dapatkan burung ini, Karena saya sendiri dapat informasi harga dari juragan peternak lovebird lokal. Untuk jenis ini memang masik mengandalakan untuk import dari luar negeri, terutama dari breeder Australia

2. Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullaria)

Lovebird Muka Merah

Ciri utama dari jenis ini ialah warna merah pada bagian wajah dan dahinya. Sedangkan bulu tubuh dan sayapnya sendiri berwarna hijau dan hijau muda. Daerah penyebarannya ada di Afrika Tengah dan Barat. Memiliki panjang tubuh 15 cm, berat 43 gram.

Harga Lovebird Muka Merah :

  •   Anakan : Rp. 1.500.000
  •   Usia 3 bulan : Rp. 2.500.000
  •   Siap tampil : Rp. 5.000.000

3. LOVEBIRD SAYAP HITAM / LOVEBIRD ABYSSINIA

LOVEBIRD SAYAP HITAM

Informasi jenis burung Lovebird lengkap kali ini tidak berbeda jauh dengan yang lain. Hanya saja ciri utama dari jenis ini ialah warna hitam yang ada di bagian bawah sayapnya. Sedangkan bulunya berwarna hijau terang, namun di bagian dahi ada sedikit corak oranye dan merah. Habitatnya ada di daerah Ethiopia. Berat badannya 60 gram, sedang panjangnya 16 cm.

Harga LOVEBIRD SAYAP HITAM : 

Maaf saya belum mendapatkan informasi harga akurat untuk jenis ini

4. Lovebird Kerah Hitam (Agapornis swinderniana)

Lovebird Kerah Hitam

Burung ini memiliki panjang tubuh 13 cm, berat 41 gram. Berhabitat di Afrika Tengah dan Barat. Memiliki ciri utama berupa kerah hitam yang ada di tengkuk burung. Sedangkan warna bulu burung ini didominasi oleh hijau dan hijau gelap, dengan warna paruh dan kaki yang hitam.

Harga Lovebird Kerah Hitam :

Maaf saya belum medapatkan info harga update

5. Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis)

Lovebird Muka Salem

lengkap ini terbilang mirip dengan lain, khususnya LB Muka merah. Hanya saja yang membedakan adalah warna hijau kekuning-kuningan yang ada di bagian perut dan dadanya. Sedangkan muka burung ini berwarna merah, mirip dengan LB Muka Merah. Panjang tubuh burung ini 15 cm, beratnya 63 gram. Daerah penyebarannya ada di daerah Afrika Barat Daya.

Jenis ini adalah slah satu jenis yang banyak di ternakkan oleh breeder lokal di indonesia.

harga Lovebird Muka Salem (Agapornis roseicollis)

Jenis Burung Lovebird Anakan Dewasa
Harga Lovebird Muka Salem Jantan Rp 200.000 Rp 400.000
Harga Lovebird Muka Salem Betina Rp 175.000 Rp 350.000
Harga Lovebird Taiwan Jantan Rp 250.000 Rp 500.000
Harga Lovebird Taiwan Betina Rp 200.000 Rp 450.000

6. Lovebird Kacamata Fischer (Agapornis fischeri)

Lovebird Kacamata Fischer

Ciri yang mencolok dari jenis ini ialah corak putih yang melingkar di arena pinggiran mata, layaknya kaca mata berwarna putih. Memiliki warna bulu berwarna hijau, kuning di bagian perut dan dada, serta merah pada bagian dahi dan belakang kepala. Wilayah penyebaran burung ini ada di daerah Tanzania, Afrika.  Panjang tubuhnya sekitar 15 cm, berat 42 – 58 gram.

harga Lovebird Kacamata Fischer :

  • Anakan : Rp 80.000 – Rp 100.000
  • Dewasa : Rp 250.000 – Rp 500.000

7. Lovebird Kacamata Topeng (Agapornis personata)

Lovebird Kacamata Topeng

Seperti namanya, ciri dari jenis burung Lovebird lengkap ini memiliki arena wajah yang hitam kecoklatan, persis seperti topeng. Sedangkan arena mata dilingkari oleh corak putih seperti kaca mata. Memiliki warna hijau di bagian bawah tubuh, kuning di arena kerongkongan dan dada atas, serta warna hitam kecoklatan di bagian kepala. Panjang tubuhnya berkisar sekitar 14 cm, berat 43 – 47 gram. Memiliki habitat di arena Tanzania Utara dan Tengah.

Harga Lovebird Kacamata Topeng :

Anakan Rp 250.000 – Rp 500.000

8. Lovebird Kacamata Nyasa (Agapornis lilianae)

Lovebird Kacamata Nyasa

Memiliki bulu tubuh berwarna hijau, kekuningan di arena tubuh bagian bawah dan tungir, sedang warna merah oranye ada di bagian dahi dan kerongkongan, dan arena sekitar mata berwarna putih. Panjang tubuhnya sekitar 13 cm, berat 28 – 37 gram. Jenis burung Lovebird lengkap yang satu ini berhabitat di Tanzania, Zanzobar bagian utara, Malawi bagian timur, dan Mozambik bagian barat laut.

9. Lovebird Kacamata Pipi Hitam (Agapornis nigrigenis)

Lovebird Kacamata Pipi Hitam

Ciri utama dari burung ini ialah pipi yang berwarna hitam, dan warna putih pada bagian arena pinggiran mata. Memiliki bulu berwarna hijau, dahi berwarna coklat kemerahan, tengkuk berwarna hijau kekuningan tua. Panjangnya sekitar 13 cm, berat 36 – 52 gram. Memiliki habitat di Zambia bagian barat daya dan Zimbabwe bagian barat laut.

Itulah tadi semua 9 Jenis Lovebird Paling Bagus di Indonesia dan Harganya serta spesifikasinya. Jenis-jenis tersebut tidak semuanya bisa ditangkarkan. Ada beberapa yang dilindungi karena langka, dan ada pula yang sulit untuk ditangkarkan karena karakternya yang terlalu agresif.

Simak juga pembahan kami : 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...