Panduan Bisnis Ternak Untung

Analisa Bisnis Ternak Ayam Jawa Super 100 Ekor

banner

Analisa Bisnis Ternak Ayam Jawa Super atau joper 100 Ekor memberi anda panduan untuk memberi gambaran pengeluaran Dari DOC sampai panen agar tahu dapet berapa untung nya 

Salah satu jenis ternak yang bisa dijalankan, memiliki permintaan yang besar di pasar, mudah dipasarkan dan diterima masyarakat serta pastinya memberikan keuntungan yang besar adalah ternak ayam jawa super atau ayam joper.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan ternak ayam jenis ini, Anda bisa mulai sekarang juga. Namun jika Anda masih ragu dan ingin tahu seperti apa analisa keuntungan bisnis ternak ayam jawa super, Anda bisa simak informasinya berikut ini.

Doc Ayam Jawa super

Disini kita akan mencoba untuk melakukan analisa ternak ayam jawa super 100 ekor. Untuk pemula informasi ini sangat recommended untuk dibahas pastinya!

Analisa Bisnis Ternak Ayam Jawa Super 100 Ekor

Dalam menjalankan bisnis ternak ayam Jawa super, jika kita membahas mengenai analisanya tentu kita juga harus memperhatikan mengenai modalnya seperti apa. Nah, disini kita akan menjabarkan keperluan modal jika ternak ayam Jawa super yang akan dilakukan mencapai 100 ekor ayam. Angka ini menjadi angka yang cocok untuk pemula jalankan.

Baca juga pembahasan Kami : Jenis Ternak Ayam Rumahan Untung Banyak

Pengeluaran Ternak Ayam Jawa Super 100 Ekor

  • Untuk DOC ayam jawa super 100 ekor Anda perlu siapkan dana sekitar Rp 680.000,00.
  • Harga pakan atau voer untuk awal ternak bisa Anda sediakan 4 sak untuk keperluan 100 ayam, dengan modal 1,6 juta rupiah.
  • Siapkan sekam dengan harga Rp 45.000,00 kira – kira.
  • Probiotik seharga Rp 45.000,00
  • Listrik sekitar Rp 50.000,00 tergantung juga aliran di tempat Anda.
  • Kandang akan mengalami penyusutan. Ditaksir kurang lebih biaya susut kandang katakanlah Rp 30.000,00.
  • Biosecurity senilai Rp 75.000,00
  • Harga vitamin senilai Rp 30.000,00
  • Koran bekas senilai Rp 15.000,00

Jadi, untuk biaya atau berbagai modal yang perlu disiapkan untuk bisnis ternak ayam Jawa super 100 ekor sebesar Rp 2.540.000,00.

Untuk pendapatannya, semisal fcr 2,2 maka hasil panen kurang lebih sekitar 95 kg yang akan Anda dapatkan.

Harga Panen Ayam Jawa Super

Ternak Ayam Jawa Super

Harga ayam jawa super sendiri sebenarnya selalu mengalami kenaikan harga sesuai dengan kenaikan harga bahan baku yang cenderung berubah. Rata – rata harga ayam jawa super di tahun ini senilai Rp 33.000,00.

Jadi, mengenai total pendapatan untuk sebanyak 100 ekor ayam jawa super senilai hampir 3 juta rupiah. Sementara perawatan ayam yang harus disiapkan sampai panen diperlukan waktu kurang lebih sekitar 2 bulan. Nah, waktu 2 bulan tersebut merupakan waktu yang sangat singkat dalam usaha ternak ayam jawa super dan sudah mampu memberikan keuntungan yang bisa dibilang cukup besar.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ternak ayam jawa super? Jika Anda tertarik, maka biaya yang Anda harus siapkan untuk ternak 100 ekor sejumlah itu. Jika kita membandingkan biaya yang diperlukan dari awal ternak sampai panen untuk jenis ayam jawa super, biaya modal yang diperlukan sebenarnya sangat minim dan tidak begitu besar jika kita bandingkan dengan usaha ternak yang lainnya.

 

Mengenai lokasi kandang sendiri, Anda bisa menggunakan pekarangan atau halaman belakang rumah atau tanah kosong yang Anda miliki. Perawatan ayamnya pun bisa dibilang cukup mudah sama halnya dengan jenis ayam yang lain.

Dalam tata cara perawatan ayam jawa super, cara memberi pakan dan minum cukup Anda lakukan dua kali dalam sehari saja yaitu di waktu pagi hari dan di waktu menjelang sore hari tergantung atas umur dan juga bobot ayam tersebut.

Satu hal yang juga harus Anda ingat bahwa kebersihan kandang perlu Anda jawa dalam perawatan dan ternak ayam ini. Anda bisa membersihkan kandang ayam joper maksimal 3 hari sekali dan untuk upaya penimbangan berat bisa dilakukan setidaknya dalam waktu rentang satu minggu satu kali untuk menentukan bagaimana penambahan pakan yang bisa diberikan.

Kami anjurkan bagi peternak pemula untuk Anda pelihara ayam jawa super rumahan skala kecil dulu misal 100 ekor saja dulu yang Anda ternak. Dengan mencoba memelihara atau beternak ayam jawa super 100 ekor, hal tersebut akan berpotensi untuk mengurangi resiko kematian ayam mengingat Anda masih belum banyak memiliki pengalaman.

Jika kemudian dari skala kecil tersebut Anda berhasil dan mendapatkan potensi keuntungan yang besar, Anda bisa menambah jumlah ternak ayam kapan saja. Anda yang sudah tertarik untuk mulai menjalankan usaha ternak ayam jawa super mulai sekarang Anda bisa membeli DOC dengan mudah di berbagai kelengkapan hewan. 

Simak pembahasan lainnya :

Siapkan semua hal yang dibutuhkan termasuk perkiraan modal sebelum Anda benar – benar terjun dalam dunia bisnis ayam jawa super. Itulah berbagai macam informasi yang kami berikan untuk Anda tentang bisnis ternak ayam jawa super 100 ekor. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Khususnya Anda yang memang sudah berniat untuk beternak, segera lakukanlah!

Incoming search terms:

  • bsf minum sehari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...