Panduan Bisnis Ternak Untung

Budidaya Ikan Mas di Empang, Memanfaatkan Lahan Tidur

banner

Bosternak.com – Budidaya Ikan Mas di Empang, Memanfaatkan Lahan Tidur minim resiko. di sawah, di empang, kolam beton bahkan di keramba. ga kejar target, cepat besar, pasti untung

Budidaya Ikan Mas

Selain seafood, ikan mas juga menjadi salah satu jenis ikan yang mendapatkan permintaan domestik dan mancanegara atau ekspor yang sangat besar. Karena itu peluang usaha budidaya ikan mas menjadi peluang usaha yang gurih dijalankan.

Permintaan pasar yang besar menjadikan Anda yang menjalankan budidaya ikan mas mendapatkan banyak keuntungan dan tidak mudah menentukan target pasar untuk menjual hasil budidaya Anda. Lantas, bagaimana cara ternak ikan mas?

Cara budidaya ikan mas sebenarnya mudah dan Anda bisa manfaatkan apapun medianya untuk beternak, salah satunya empang atau kolam lumpur jika memang ada halaman yang lumayan besar di tempat tinggal Anda. Mengenai seperti apa cara ternak yang benar di kolam empang akan kami ulas dalam informasi di bawah ini!

Cara Benar Budidaya Ikan Mas di Empang

Budidaya ikan mas

Persiapan kolam

Bagi Anda yang ingin ternak ikan mas di kolam atau di empang, tempat yang akan menjadi habitat ikan emas harus Anda pastikan bersih dari berbagai penyakit dan juga parasit. Inilah hal pertama yang Anda harus lakukan.

Cara yang Anda bisa lakukan untuk membunuh parasit dan penyakit yaitu dengan cara mengeringkan kolam ikan agar penyakit dan semua parasitnya mati total. Ketika kolam atau empang dikeringkan, parasit dan penyakit mati total akibat paparan sinar matahari yang membuat parasit tidak betah berlama – lama dengan sinar matahari yang menyinari tersebut.

Setelah parasit dan kuman mati, Anda bisa tambahkan makanan alami pada kolam. Caranya Anda bisa mengkultur plankton dengan cara Anda tambahkan pupuk organic atau pupuk kandang yang telah matang sebagai makanan planktonnya.

Dosis pupuk yang dapat diberikan berkisar antara 1 sampai dengan 2 ton/ hektar. Setelah pupuk Anda berikan, isi kolam dengan menggunakan air yang tingginya mencapai 15 cm. Kemudian setelah warna air berubah menjadi hijau hal tersebut menjadi indikasi bahwa ganggang atau plankton sudah mulai tumbuh. Selanjutnya isi kolam dengan air sampai dengan ketinggian 120 cm.

kolam ikan mas

Tebarkan bibit ikan mas

Agar resiko kegagalan bisa ditekan, dan pada akhirnya Anda bisa dapatkan hasil panen secara maksimal, maka bibit ikan yang Anda harus siapkan harus bibit ikan yang terbaik. Anda harus tebarkan bibit ikan yang memang kualitasnya dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk mendapatkan bibit ikan unggulan, Anda bisa beli bibit unggul ikan mas di kelompok tani atau di UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan. Bibit ikan unggul merupakan bibit ikan yang memiliki ciri yaitu memiliki pergerakan yang sangat gesit, kulit yang mulus tanpa luka atau jamur dan berasal dari indukan unggul dan bersertifikat. Pastikan juga nafsu makan ikan dalam kondisi yang sangat baik.

Dalam rangka melakukan penebaran, hal yang sangat penting Anda lakukan adalah menyesuaikan jumlah bibit dengan luas kolam ikan. Kemudian untuk jenis ikan mas konsumsi, tebarkan bibit dengan kepadatan sekitar 20 ekor per meter persegi.

Memberi pakan secara tepat

Pemberian pakan secara teratur. Anda bisa memberi pakan ikan mas dengan takaran pellet yang memiliki protein sebesar 25% dengan volume pemberian 3 sampai dengan 4% bobot ikan.

Beri pakan ikan di waktu pagi dan sore hari secukupnya supaya tidak ada sisa makanan yang tertinggal dan berpotensi menimbulkan penyakit serta mengurangi oksigen akibat proses pembusukan yang terjadi.

Perhatikan cara panen ikan mas di kolam Anda

Ikan mas dapat dipanen di ukuran 300 sampai dengan 400 gram per ekornya. Biasanya ikan mas yang dipanen pada usia 6 sampai dengan usia 8 bulan. Jika ikan akan dijual setelah dipanen, maka hal pertama yang Anda harus lakukan adalah menyortir ukuran konsumsi yang dikehendaki segmen pasar yang Anda tuju.

induk ikan mas

Harga Ikan Mas

Untuk harga ikan mas di tingkat petani biasanya sekitar dua puluh lima ribu rupiah bergantung atas jumlah permintaan pasar yang dikehendaki. Ikan mas dapat dipijahkan secara alami tanpa bantuan manusia sepanjang tahun. Hal ini membuatnya cukup mudah untuk dibudidayakan karena kita tidak perlu suatu kemampuan khusus untuk mengembangbiakkan ikan mas ini. Jadi siapa saja bisa menjalankan usaha budidaya yang satu ini.

Ikan mas merupakan jenis ikan yang memiliki suatu kemampuan adaptasi yang cukup tinggi sehingga ia dapat hidup di segala macam lingkungan seperti di keramba, kolam tanah, kolam semen dan yang lainnya.

Ikan mas juga merupakan jenis ikan air tawar yang bisa mencapai ukuran yang sangat besar bahkan sampai dengan 25 kg dalam kurun waktu yang sangat cepat. Sementara untuk ukuran konsumsi ikan biasanya dipanen pada berat sekitar 300 sampai dengan 400 gram per ekornya. Ukuran ini bisa dicapai dalam kurun waktu yang sangat singkat yaitu sekitar 6 sampai dengan 8 bulan setelah benihnya ditebar.

Dengan kemudahan ini, dianjurkan Anda yang memang memiliki niat budidaya menjalankan usaha Budidaya Ikan Mas di Empang, Memanfaatkan Lahan Tidur Selamat mencoba dan dapatkan hasil yang maksimal dengan usaha yang satu ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...