Panduan Bisnis Ternak Untung

Cara Dasar Ternak Kenari Sistem Koloni

banner

Bosternak.com – Salah satu cara yang sangat efektif dilakukan untuk menambah pundi – pundi rupiah adalah dengan beternak. Utamanya jika Anda hobi beternak, jangan ragu untuk memulainya. Ada berbagai macam jenis hewan yang Anda bisa ternak, salah satunya adalah Anda bisa mulai mencoba untuk ternak burung kenari sistem Koloni.

Cara Dasar Ternak Kenari Sistem Koloni

Kenari merupakan jenis burung yang bisa menghasilkan angka jual yang tinggi. Jika Anda tertarik untuk ternak jenis burung ini, Anda bisa menerapkan sistem koloni dalam kegiatan ternak yang Anda lakukan. Berikut cara ternak burung kenari hias dengan sistem koloni yang Anda dapat terapkan!

Simak  :

1. Kelebihan Ternak Kenari Sistem Koloni

  • Ternak system Koloni lebih hemat dan praktis dari segi ekonomi. Dengan membuat kendang skala besar tidak memerlukan kendang-kandang kecil lagi untuk menjodohkan kenari. Cukup membeli 1 ekor pejantan untuk 10 – 15 ekor betina
  • Lebih hemat waktu. Cukup memberikan pakan pada satu tempat untuk banyak burung, memebersihkan kotorannya pun hanya sat tempat
  • Secara alami, Kenari Jantan akan mencari sendiri Kenari Betina yang siap kawin.
  • Kenari Lebih Sehat. Posisi kendang yang luas, memudahkan sinar matahari dan semilir angin untuk masuk ke dalam kendang, selain itu kenari lebih lincah untuk terbang kesana kemari

2. Kekurangan

  • Kenari Jantan mudah terforsir staminanya karena harus mengawini banyak kenari betina
  • Resiko bulu rusak karena saling berkelahi dalam satu kendang
  • Mudah tertular penyakit. Saatada 1 ekor yang sakit akan mudah menularkan kepada yang lain

Ternak Kenari Sistem Koloni

Ternak Kenari Sistem Koloni

Persiapan kandang

Langkah awal yang harus diperhatikan dalam ternak burung kenari adalah mempersiapkan kandang sebagai habitat hidup indukan dan anakan nantinya. Mengenai ukuran kandang yang harus Anda buat untuk indukan burung kenari tentu harus menyesuaikan dengan kapasitas kenari yang Anda akan ternak.

Sebisa mungkin Anda harus buat kandang yang nyaman supaya kenari bisa terbang kesana kemari tanpa terhalang karena jika kenari tidak bisa terbang didalam kandang, ia akan stress dan tidak bisa bereproduksi dengan maksimal.

Ukuran kandang setidaknya harus cukup besar dan Anda harus posisikan di tempat yang bisa dibilang strategis. Jangan Anda buat kandang lepas begitu saja. Jangan lupa juga agar pada kandang Anda berikan lampu didalamnya sebagai upaya penerangan di malam hari minimal Anda berikan penerangan dengan lampu neon 10 watt.

Dibawah ini adalah Foto contoh ukuran kandang ternak kenari koloni sederhana yaitu 60 x 60 x 200 cm

ukuran kandang ternak kenari koloni sederhana

Maksimalkan pemilihan induk kenari

Selain kandang yang harus diperhatikan pembuatannya, pemilihan indukan juga sangat penting karena indukan akan menentukan kualitas dari hasil anakan. Jadi setelah Anda selesai menyiapkan kandang, selanjutnya pilih induk yang terbaik.

Baik indukan jantan dan betina, Anda harus cari yang benar – benar sehat. Tentunya semakin baik jika Anda memilih indukan yang siap kawin, maka hal tersebut berarti lebih cepat juga untuk bisnis ternak Anda berkembang. Karena indukan yang baik akan lebih mudah bereproduksi. Anda pun tidak kesulitan mengawinkannya dan memberi vitamin serta pakan agar perkembangan dan pertumbuhannya maksimal.

Pembuatan tengger untuk burung

Setelah Anda memasukkan induk didalam kandang, Anda dapat membuat tengger untuk tempat bertengger burung. Anda dapat memasangkan tengger yang bisa dibuat dari pohon jambu biji atau pohon petai china. Namun sebelumnya Anda harus merapikan tenggernya lebih dulu untuk memastikan agar si burung kenari betah dan merasa nyaman.

Pemberian pakan harus tepat

Pakan sangat penting diberikan dan pastinya jangan sampai Anda lewatkan karena pemberian pakan termasuk salah satu cara ternak burung kenari hias dengan sistem koloni. Adapun mengenai beberapa pakan yang Anda bisa berikan berbeda – beda. Anda harus berikan pakan pokok dan extra feed kepada hewan ternak.

Pakan pokok ini nantinya ada yang namanya biji mix. Bicara lebih dulu pakan pokok yaitu ada berbagai jenis pakan pokok yang bisa diberikan. Seperti misalkan aneka biji – bijian. Anda bisa berikan biji mix dengan cara mix 40% canang seed, 20% biji sami, 15% miger seed, 12,5% milet putih dan sebesar 12,5% milet merah.

Lakukan pemberian vaksin dengan tepat

Berikan vaksin pada burung kenari Anda. Tujuan ini untuk membuat tubuh si burung kenari kebal dari serangan penyakit. Karena untuk ternak burung ini memiliki sisi lemah seperti tidak dapat memantau kondisi kesehatan burung, mengingat dalam satu kandang tercampur menjadi satu jantan dan betina sehingga virus akan menyerang dengan ekstra cepat. Jadi vaksin sesuai anjuran harus diberikan.

Perhatikan masa perawatan burung kenari

Masa perawatan yang perlu diberikan untuk burung kenari berupa memandikan dan penjemuran. Untuk memandikan, terdapat waktu tersendiri yaitu di pukul 07.00 dan sore hari di pukul 16.00 waktu setempat. Untuk memandikan burung, tidak seperti memandikan hewan besar karena cukup menyemprotkan air saja.

Setelah mandi, burung harus berjemur. Berjemur ini wajib dilakukan untuk memberikan nutrisi vitamin D secara langsung dan ekstra sinar matahari. Anda bisa melakukannya sehari sekali yaitu pada pukul 07.30 atau maksimal pada pukul 08.00.

Penjemuran tidak perlu dilakukan terlalu lama. Anda cukup jemur burung yang Anda ternak dalam kurun waktu 10 sampai dengan 15 menit saja.

Masa pengeraman

Pada masa ini, yang Anda harus lakukan adalah menyediakan pasokan protein serta pakan yang cukup untuk si burung selama masa mengerami. Lamanya masa pengeraman bagi burung adalah dikurun waktu 12 hari sampai dengan 14 hari.

Hal ini sangat penting untuk bertujuan agar stamina dan juga kondisi kesehatan burung bisa maksimal karena pada saat masa pengeraman, kenari butuh tenaga yang lebih banyak dikeluarkan dibandingkan waktu biasanya.

Masa penetasan

Pada masa penetasan ini, Anda dapat berikan pakan tambahan seperti cacing misalkan. Pada masa ini indukan mulai meloloh anaknya. Cacing dapat membantu tumbuh kembangnya sang anak.

induk kenari

Simak Juga :

Itulah berbagai metode dan prosedur ternak burung kenari sistem keloni yang bisa diterapkan. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang menarik dan bermanfaat. Selamat budidaya kenari dan persiapkan semuanya sebelum beternak.

Incoming search terms:

  • cara penangkaran kenari sistem koloni
  • Kelemahan dan kelebihan ternak kenari koloni kandang besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...