Ternak Untung

Cara Jitu Menjodohkan Lovebird Untuk Pemula

banner

Bosternak.com – Tahap Cara Menjodohkan Lovebird untuk pemula agar cepat jodoh, cara paksa atau galak, di kandang koloni maupun baterai banyak bertebaran di Pencarian Google. Namun cara terbaik sudahkah anda dapatkan ? bagaimana kalau menyimak artikel kita yang satu ini

Cara Jitu Menjodohkan Lovebird Untuk Pemula

Cara Jitu Menjodohkan Lovebird Untuk Pemula

Meski banyak penghobi yang terbilang berhasil menjodohkan Lovebird, namun bagi pemula merupakan kesulitan dalam menjalankan hal tersebut. Cara Jitu Menjodohkan Lovebird Untuk Pemula paling mudah adalah menjodohkan dari anakan / masih muda. Bisa dilakukan di kandang Baterai atau kandang koloni. Jika dalam kandang koloni, umbarkan beberapa burung lovebird betina, bisa beda umur, janda ataupun masih muda. Masukkan juga Pejantan bujang yang masih muda bisa satu atau beberapa. Rawatlah dengan baik, perhatikan Higiene dan sanitasi kandang, beri asupan makan yang bergizi dan kualitas bagus tidak busuk atau jamuran.

Saat perkiraan pejantan memasuki usia 8 bulan, mulai perhatikan gerak-gerik pejantan. Mereka sedikit demi sedikit akan mulai birahi dan mulai timbul gerakan ingin mencumbu dan mulai belajar kawin dengan menaiki punggung betina. Amati beberpa hari, apakah pasangan tersebut mengulanginya dalam beberapa hari, berarti artinya mereka sudah menemukan jodohnya. Segera pindahkan pasangan tersebut dari koloni dan masukkan ke dalam kandang baterai/kapsul, agar proses menjodohkan burung lovebird cepat jodoh. Dengan cara ini tentu saja untuk menghindari perjodohan lovebird secara paksa dan juga membuat cenderung betina tidak galak

A. Perawatan Menjodohkan Lovebird

Pastikan mendapatkan air melimpah dan asupan sinar matahari tiap pagi. Waktu terbaik adalah di bawah pukul 10.00 , saat matahari tidak terlalu terik dan memiliki kandungan vitamin D yang menyehatkan. Hal ini akan membuat pasangan lovebird lebih nyaman dalam penyesuaian perjodohan.

Berapa lama Proses perjodohan Lovebird ?

Proses bulan madu, atau percumbuan selama perjodohan biasanya memakan waktu 3 hari sampai 6 minggu untuk memberikan kepasatian dalam perjodohan dan siap untuk membuahi pasangannya.

Kotak sarang sebagai salah satu perlengkapan kandang lovebird jangan dulu dimasukkan. Kotak sarang dimasukkan setelah pengamatan burung betina positif  di kawini oleh si jantan dan diperkirakan akan segera betelur. Jika kotak terburu dimasukkan, dikhawatirkan pejantan akan sibuk bermain sendiri dalam kotak sangkar sampai lupa akan tugas utamanya yaitu mengawini si betina.

B. Pada usia berapa Lovebird siap dan bisa ditangkarkan 

Usia paling ideal breeding Lovebird adalah sekitar 1 tahun. Dengan pemberian asupan bahan makanan yang baik serta perawatan intensif, burung akan menunjukkan birahi pada pejantan dan siap bertelur pada betina saat usia 10 bulan sebelum menjelang usia matang. 

Pengamatan secara intensif pada pasangan perjodohan yang telah dipisahkan wajib dilakukan, perhatikan tingkah laku sang jantan, perlahan dia akan mencoba berungkali untuk berusaha mengawini si betina. Jika si jantan bertengger cukup lama di punggung betina untuk mengawininya berarti tandanya sudah melakukan perkawinan dan melakukan reproduksi. Kini saatnya memasukkan kotang sangkar ke dalam kandang beterai, secara alami si betina akan bertelur disana dan akan mengerami telurnya.

Karena sifat alami burung betina adalah mencari kulit kayu kering atau ilalang sebagai sarang telurnya, sebaikanya siapkan serutan kayu kering atau jerami kering atau kulit jagung kering dalam sangkar. BUrung akan merangkai sendiri sarangnya di dalam kotak kayu yang disiapkan. Perhatikan pasangan ini saat merangkai sarang. Pejantan yang baik akan membantu si betina untuk mengambilkan bahan sarang untuk si betina, dia kedepannya akan rajin membantu meloloh makanan untk anak dan betinanya.

C. Ritual Mengawinkan Lovebird

Mengawinkan Lovebird

Proses terbaik bagi seorang Breeder adalah ritual mengawinkan lovebird. Dengan gaya diiringi gerakan-gerakan yang sangat indah mengiringi proses kawin, tak heran jika burung ini di beri nama ” LOVE ” karena proses kawinnya dipenuhi dengan proses percintaan yang tidak ditemui pada burung lain.

Pejantan akan memulai dengan proses sakral tarian-tarian khasnya untuk mulai mendekati si Betina, bak penari tanggo, dia menghentakkan kaki dan tubuhnya untuk memberikan rayuan maut. Sedikit suapan dan cumbuan adalah bumbu dalam ritual ini. tentu saja seperti pasangan sedang berciuman. Cumbuan mesra ini semakin sering, semakin intensif, sampai si betina mengembangkan kedua sayapnya seolah menyambut kekasih jantannya. Sebagai puncaknya, Pejantan akan mulai naik ke atas punggung betina dan mulai bertengger disana dalam waktu yang lumayan lama sampai menuntaskan proses reproduksi. Sepertinya mereka menikmati sekili percintaan ini yah ?

Perkawinan yang sempurna akan membuat Lovebird cepat bertelur, sebagai ucapan kasih terkadang si betina akan meloloh pejantan.

1. Apakah lovebird beda warna bisa kawin?

Oh, tentu saja bisa Ferguso asal dibiasakan untuk di jodohkan. Pastikan :

  • Ketahui jaenis kelamin Lobird yang akan di jodohkan
  • Pilih Pejantan unggulan sebagai pembawa warna bawaan
  • Pilih Betina dengan tingkat produktifitas tinggi
  • Jodohkan

lovebird beda warna bisa kawin

2. Apakah Lovebird bisa ganti pasangan?

Lovebird adalah burung Monogami, akan tetapi jika dipisah atau pasangannya mati, burung ini akan bisa dijodohkan dengan pasangan baru. Usia burung ini bisa mencapai umur 24 tahun, tentu saja dalam melewati waktu tersebut akan melewati banyak kendala. cie…. seperti manusia saja.

3. Menjodohkan Lovebird Paksa

Menjodohkan Lovebird paksa adalah memaksa menjodohkan lovebird berdasarkan kemauan penangkar karena alasan tertentu, pasangan dipaksa jodoh dalam 1 kandang baterai. Seiring berjalannya watu mau tidak mau mereka harus menerima pasangan mereka karena hasrat birahi yang akan timbul karena sifat alamiah hewani mereka, lain halnya jika dijodohkan dalam kandang koloni yang akan saling mencari pasangannya sendiri yang membuat ikatan pasangan semakin kuat

4. Menjodohkan Lovebird Galak

Biasanya adalah menjodohkan Lovebird betina yang lebih galak daripada jantan. Hal ini alami terjadi karena umumnya Lobird betina lebih cepat birahi dibandingkan Lovebird Jantan, sehingga si betina ingin segera di buahi sedang sang pejantan masih belum siap atau belum matang. Jika hal ini terjadi, segera pisahkan si jantan agar mentalnya tidak rusak, pisahkan sampai usia yang siap untuk birahi. biasanya terjadi di usia pejantan 8-10 bulan. Jangan lupa, gantikan dengan pejantan yang siap kawin

cara Menjodohkan Lovebird galak

Semoga pembahasan Cara Jitu Menjodohkan Lovebird Untuk Pemula ini dapat sedikit membantu anda. 

SIMAK DISINI

Simak juga pembahasan kami lainnya :


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...