Panduan Bisnis Ternak Untung

Begini Cara Sukses Ternak Burung Merpati Yang Harus Anda Ketahui!

banner

bosternak.com – Cara Sukses Ternak Burung Merpati sangatlah menguntungkan. Bemacam jenis Potong pedaging, hias, balap, pos, king dengan metode tinggian, kolongan atau umbaran menajdikan bisnis ini cocok untuk usaha rumahan

Cara Sukses Ternak Burung Merpati

Cara Sukses Ternak Burung Merpati

Siapa yang tak tau tentang burung merpati? spesies burung satu ini terbilang cukup terkenal dan tak asing lagi di dengar oleh masyarakat Indonesia. Spesies burung ini banyak di manfaatkan oleh sebagian masyarakat. Salah satunya daging dari burung yang dapat di olah menjadi masakan yang lezat. Selain itu, banyak dari masyarakat sekitar memanfaatkan burung merpati untuk mengikuti sebuah pertandingan. Maka tak heran jika banyak yang menginginkan burung ini untuk membudidayakannya.

Keuntungan Ternak Burung Merpati

Keuntungan Ternak Burung Merpati

Perlu anda ketahui bahwa kotoran burung merpati merupakan hal yang sangat penting dan berharga. Meskipun dalam konteksnya sebagian masyarakat menganggap bahwa ketika membudidayakan sesuatu yang menjadi masalah paling besar adalah kotorannya. Tetai berbeda dengan burung merpati. Kotorannya dapat di katakana sesuatu yang berharga. Karena memiliki manfaat tertentu bahkan manfaatnya lebih besar dari pada pupuk kandang.

Kelebihan lain yang di miliki oleh burung merpati ini adalah memiliki perawakan yang anggun dan lincah dapat terbang tinggi serta memiliki kecerdasan seperti daya ingat yang tinggi. Burung ini dapat terbang jauh kemanapun dan akan kembali kepada pemiliknya lagi. Pada zaman dulu, sebagian orang menggunakan burung merpati sebagai burung pembawa dan pengantar surat karena dapat mengantar surat sesuai perintah pemiliknya.

Cara Sukses Ternak Burung Merpati untuk Pemula

Cara Sukses Ternak Burung Merpati untuk Pemula

Lalu bagaimana cara sukses dalam berternak burung merpati ini ? yuk simak penjelasan di bawah ini

Tahap Pemilihan Bibit Burung Merpati yang Baik

Yang utama adalah memilih bibit yang unggul agar dapat berkembang biak dengan kualitas yang unggul pula. indukan yang berkualitas dapat di dapatkan dari indukan yang berkualitas sebelumnya, memiliki badan yang sehat, aktif dan memiliki bulu yang bagus. Memiliki nafsu makan yang baik dan memiliki organ produksi yang normal.

Tahap Persiapan Kandang Burung Merpati

Ketika berbisnis ternak tentu yang terlintas di pikiran adalah menyiapkan kandang yang nyaman bagi hewan ternak yang akan kita budidayakan. Nah untuk kandang burung merpati ini ada beberapa opsi yang dapat anda jadikan pilihan, diantaranya yaitu :

  • Sistem Kandang Kurung

Tipe yang tertama adalah dengan menerapkan sistem kurung. Burung merpati yang di budidaya tidak di lepas di alam bebas karena beberapa peternak mempunyai persepsi bahwa burung merpati jika di lepas di alam bebas juga besar kemungkinan tidak akan kembali ke kandang. Dan sebenarnya sistem kurung ini juga kurang efektif jika di lakukan, karena kana menghambat pertumbuhan dari burung merpati itu sendiri dan juga rentan terjadi stress.

  • Sistem Lepas Kandang

Berbanding terbalik dengan sistem kurung, sistem lepas kandang ini membiarkan burung merapati terbang bebas kea lam sekitarnya dan kembali ke kandang dengan sendirinya. Namun untuk mengantisipasi hal yang buruk terjadi, maka sistem kurung dengan membiarkan burung merpati didalam sangkar akan lebih baik sebelum burung merpati itu mengenali lingkungan sekitarnya dengan baik.

Tips dan Cara Perawatan Ternak Burung Merpati

Tips dan Cara Perawatan Ternak Burung Merpati01

Berternak otomatis memiliki tanggung jawab untuk merawat. Dalam merawat burung merpati terdpat banyak hal yang harus di lakukan, diantaranya yaitu :

  • Rajin memandikan

Cara memandikan burung merpati berbeda dengan cara memandikan hewan lainnya. tidak dengan di guyur air yang banyak tetapi cukup membasahi dengan air yang di semprotkan kepada burung. Memandikan burung ini di lakukan minimal satu kali sehari untuk menjaga keindahan dari bulunya dan memberikan kesegaran pada burung merpati.

  • Penjemuran

Penjemuran ini penting untuk di lakukan karena untuk memberikan burung merpati nutrisi vitamin D dan sekaligus membiasakan burung merpati berjemur di bawah sinar matahari pagi agar sehat. Waktu efektif yang bisa di lakukan adalah pada jam 8 pagi. Jangan sesekali melakukan penjemuran pada jam – jam rawan seperti jam 1 siang ke atas karena akan berakibat dehidrasi pada burung dan mati.

  • Membersihkan kandang

Salah satu hal terpenting yang harus selalu terjaga adalah membersihkan kandang agar terhindar dari penyakit. Jadi ketika sudah terdapat kotoran pada kandang, langsung di bersihkan tanpa harus menunggu kotorannya menumpuk yang dapat menimbulkan sarang penyakit. Pembersihan ini harus di lakukan secara rutin. Selain kandang yang harus di bersihkan, tempat makan dan minum burung merpati pun juga harus di bersihkan secara rutin.

  • Pemberian pakan yang tepat

Hal ini sudah pasti harus di lakukan Karena makhluk hidup tentu saja memerlukan makan untuk tetap sehat. Pemberian makanan yang tepat dapat menjaga kebutuhan nutrisi burung merpati. Biasanya burung merpati menyukai jenis makanan voer, serangga dan buah – buahan.

Nah dalam memenuhi nutrisi harian burung merpati, pemberian makanan ini harus berbeda tiap harinya. Jika hari pertama di beri makan voer maka di hari berikutnya di beri makan buah – buahan dan bergitu seterusnya agar burung merpati dapat mengenali makanannya.

  • Pemberian gizi yang seimbang

Gizi yang seimbang tidak hanya di dapatkan dari makanan yang penuh nutrisi saja, akan tetapi harus di berikan vitamin atau suplemen lain sebagai tambahan nutrisi. Vitamin dan suplemen ini biasanya banyak di jual di pasar burung. Selain itu, pemberian gizi yang seimbang dapat di lakukan dengan cara mencampur cuka apel ke dalam minuman burung. Jika cuka apel sulit di temukan, anda bisa menggunakan cuka yang umum beredar di pasaran untuk di campurkan dalam air minum burung dengan jumlah yang sedikit.

 

Tahap Penjodohan Burung Merpati

Setelah melakukan perawatan yang baik mulai dari memperhatikan makanan, minuman dan gizinya selanjutnya yaitu melakukan perjodohan. Proses ini sudah pasti untuk menghasilkan anakan yang berkualitas. Sama seperti burung lainnya, proses perjodohan ini di lakukan di kandang yang berdekatan namun tetap memiliki sekat di antaranya untuk mengenal satu sama lain.

Jika kedua burung sudah sangat cocok, maka di lakukan proses menyatukan dua burung tersebut dalam satu kandang untuk melakukan reproduksi. Tanda – tanda yang di berikan ketika burung saling cocok adalah dengan saling mengepakkan sayapnya.

Tahapan Proses Bertelur Burung Merpati

Ketika dua indukan sudah melakukan reproduksi, langkah selnajutnya adalah betina bertelur. Maka sebelum betina bertelur, para peternak harus menyiapkan tempat khusus atau jerami sebagai wadah telur untuk memberikan kehangatan pada telur.

Tahap dan Proses Panen Burung Merpati

Proses ini dapat di lakukan ketika anda sudah siap menjual indukan burung merpati dewasa dan berkualitas. Selain itu panen dapat di lakukan dengan menjual telur – telur burung merpati yang pastinya dengan harga berbeda.

Itulah beberapa hal yang harus di lakukan jika ingin berternak burung merpati agar sukses. Sejauh ini, permintaan pasar yang membutuhkan pasokan daging burung merpati dan telur merpati bahkan kotoran burung merpati pun sedang melonjak tinggi. Jadi bisnis ternak ini tidak akan kehilangan trend yang ada di masyarakat karena sangat di butuhkan. Semoga bermanfaat.

Tahap dan Proses Panen Burung Merpati

Proses ini dapat di lakukan ketika anda sudah siap menjual indukan burung merpati dewasa dan berkualitas. Selain itu panen dapat di lakukan dengan menjual telur – telur burung merpati yang pastinya dengan harga berbeda.

Itulah beberapa hal yang harus di lakukan jika ingin berternak burung merpati agar sukses. Sejauh ini, permintaan pasar yang membutuhkan pasokan daging burung merpati dan telur merpati bahkan kotoran burung merpati pun sedang melonjak tinggi. Jadi bisnis ternak ini tidak akan kehilangan trend yang ada di masyarakat karena sangat di butuhkan. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara ternak merpati sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...