Panduan Bisnis Ternak Untung

Efektif & Manjur : Ternak Bebek Petelur 100 Ekor

banner

bosternak.com – Jika Anda merupakan seorang pemula yang ingin mencoba peluang usaha ternak bebek petelur, ada baiknya Anda jangan beternak terlalu banyak dulu. Coba saja dulu dengan ternak bebek 100 ekor agar Anda bisa tahu potensinya, untung ruginya, perawatan yang tepat agar untung dan cara mengoptimalkannya.

Jika memang setelah ternak 100 ekor, Anda sudah tahu kunci ternaknya untuk dapatkan keuntungan yang besar dan terlebih Anda tahu cara pemasaran hasil panen  ternaknya, maka Anda bisa menambah jumlah bebek yang Anda budidayakan. Pembahasan kami sebelumnya 5 Hal Penting Sebelum Memulai Ternak Bebek Petelur

Dalam budidaya bebek petelur, cara ternak bebek agar bebek yang Anda budidayakan tidak stress dan bisa bertelur secara maksimal harus Anda tahu. Informasi selengkapnya mengenai cara budidaya bebek petelur 100 ekor bisa Anda simak dalam informasi berikut ini!

Cara Efektif Ternak Bebek Petelur 100 Ekor

Ternak Bebek Petelur

Persiapan lokasi kandang

Walau bebek petelur yang Anda ternak hanya 100 ekor saja, namun persiapan lokasi kandang sangat penting. Lokasi yang dipilih untuk tempat ternak bebek petelur baiknya dengan memperhatikan letak dan jaraknya dari pemukiman.

Hal ini menjadi aspek yang sangat penting untuk mengatasi kebisingan dari lokasi yang akan dijadikan sebagai area ternak. Anda harus memahami psikologis bebek. Jika ia mengalami kondisi yang terlalu bising, pertumbuhan, perkembangan dan potensi produksi mereka akan terganggu dan cenderung rendah.

Kemudian lokasi kandang dengan rumah penduduk juga harus diperhatikan. Baiknya buat kandang di lingkungan yang jauh dari rumah penduduk karena warga sekitar akan terganggu dengan bau kotoran bebek dan suara bebek. Sehingga Anda harus perhatikan hal ini.

Kemudian yang tak kalah penting Anda harus perhatikan adalah penjangkauan transportasi untuk distribusi hasil telur bebek ke pasar. Seorang peternak baiknya memastikan kondisi peternakan agar lebih kondusif sehingga bebek bisa berkembang dengan baik.

Penempatan kandang untuk anakan bebek

Jika Anda akan membuat kandang untuk anak bebek, tentu standar dan ukuran kandang untuk anak bebek berbeda dengan bebek dewasa keperluannya. Untuk kandang pada anakan bebek, bisa menggunakan box.

Ukuran kandang untuk anakan bebek sangat variatif. Ukuran kandangnya sebesar 1 meter sampai dengan 2 meter. Dalam satu kandang anakan bebek memiliki kemampuan untuk menampung sampai dengan 50 ekor anakan bebek.

Pembangunan kandang untuk bebek siap bertelur

Kandang Bebek Petelur

Model pembangunan kandang modelnya seperti bentuk baterai silinder yang diisi dengan satu atau dua ekor bebek didalam sebuah kotak. Bebek yang dimasukkan juga bisa dalam kondisi kandang berkelompok sehingga jika Anda menggunakan kandang berkelompok, maka butuh ukuran dengan luasnya sekitar 3 meter kali dua meter untuk 30 ekor bebek.

Pengaturan suhu kandang

Suhu kandang harus diperhatikan juga untuk mendukung tumbuh kembang bebek. Suhu untuk bebek petelur sangat penting supaya bebek dapat meningkatkan produktivitasnya dalam memproduksi telurnya.

Hal ini akan sangat menentukan hasil panen telur bebek pada akhirnya. Mengenai suhu, baiknya suhu untuk kandang bebek sekitar kurang lebih 39 derajad celcius. Ukuran tersebut merupakan ukuran suhu terbaik bagi kandang bebek.

Atur tingkat kelembaban kandang

Tingkat kelembaban kandang juga harus diatur sebaik mungkin. Hal tersebut penting karena bebek yang hidup didalam lingkungan yang terlalu kering akan membuat bebek menjadi tidak nyaman. Tingkat kelembaban yang tinggi bahkan dapat membuat resiko bebek rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Jadi setting kelembaban yang sedang diperlukan untuk kandang bebek. Kelembaban untuk kandang bebek yang baik berkisar di angka 60% sampai dengan 65%. Selamat dicoba!

Perhatikan penerangan kandang bebek

Penerangan pada kandang dapat disesuaikan bersama kebutuhan mereka. Anda harus tahu bahwa penerangan bagi kandang bebek yang belum bertelur alias bebek anakan dan bebek dewasa pasti berbeda. Jadi sesuaikan saja.

Pilih bibit bebek petelur secara tepat

bibit Bebek Petelur

Pemilihan ini baiknya ditentukan berdasarkan varietas yang Anda upayakan cocok untuk dijadikan bibit bebek petelur Anda. Pastikan bibit yang Anda pilih adalah bibit yang mampu beradaptasi dengan lingkungan kandang yang Anda sudah sediakan.

Upaya pembersihan kandang dan pemberian makan

Selain kandang harus baik dan sesuai kebutuhan serta dilengkapi dengan berbagai macam perlengkapan serta peralatan memadai, baiknya kandang juga harus selalu dibersihkan. Pembersihan kandang sendiri sebaiknya dilakukan secara rutin agar bebek dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Kebersihan pada kandang juga sangat penting untuk imunitas dan juga produktivitas bebek.

Sementara dalam konteks pemberian makan, baiknya Anda sesuaikan dengan umur bebek yang Anda pelihara. Jadi intensitas yang diberikan harus menyesuaikan dengan kebutuhan misalkan di pagi hari dan sore hari.

Pemberian obat dan vitamin untuk bebek

Terakhir, peternak bebek harus memiliki ilmu pengetahuan yang cukup mengenai bebek sehingga ia bisa tahu kondisi bebek yang sehat dan kondisi bebek yang sakit. Vitamin dan obat dapat diberikan ketika bebek sakit atau dalam upaya pencegahan sakit pada bebek yang berpotensi mengalami sakit tertentu.

Itulah berbagai cara efektif ternak bebek petelur 100 ekor yang Anda harus tahu dan pahami. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat budidaya!

Simak Juga pembahasan : 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...