Panduan Bisnis Ternak Untung

Jenis Domba Unggulan Pedaging di Indonesia

banner

Bosternak.com – Jenis Domba Unggulan pedaging potong yang cepat untuk proses ternak penggemukan sesuai iklim di Indonesia. Harga jual Bagus, Mudah perawatan, pakan Melimpah, Kandang cukup di belakang rumah. 

Domba Pedaging Di Indonesia

Jenis Domba Unggulan Pedaging di Indonesia

Dogar Garut, gibas, Gembel, dormas Jember, sopas, Sufolk, Lokal, Merino Dombos wonosobo, ekor gemuk, pokok e kakinya 4, suka makan rumput, Warna bulu dominan putih ( ada beberapa yang hitam/coklat), rambut gembel atau kriwul namanya Wedhus atau Domba. Di beberapa daerah memang ada beberapa kerancuan penyebutan nama yang menganggapnya sama dengan Kambing.

Merupakan salah satu Hewan yang paling mudah untuk di ternak manusia menjadikan domba sebagai salah satu Idola masyarakat di Indonesia. Dibarengi dengan upacara keagamaan terutama Umat Islam yaitu Hari raya Idul Adha ataupun Aqiqah menjadikan hewan ini sangat terbuka sekali segmen pasarnya. 

Jangan bicara sejarah tentang asal mula wedhus ini sampai diternak di Indonesia, karena setahu saya sejak jaman kolonial Belanda ada beberapa bukti foto yang menunjukkan masyarakat Indonesia sudah ternak. hehehe…..

Setau saya jaman tahun 80 an ada program dari mbah Harto yang mendatangkan jenis Domba pedaging Unggulan dari Australia yang di konsentrasikan di Tapos, Depok, Jawa Barat sebelum di sebarkan di beberapa daerah. Jadi memang, tolak ukur bagi yang ada di Indonesia adalah Ausie. Beberapa pengusaha juga mendatangkan jenis domba unggulan dari sono untuk perbaikan genetika di sini

Untuk pembahasan ini, pak bos hanya membahas Jenis Domba Unggulan Pedaging yang sampai saat ini masih di Ternak oleh Masyarakat di Indonesia

Jenis Domba Unggulan Pedaging di Indonesia

1. Ekor Tipis ( Wedhus Gembel)

Domba Gembel Ekor Tipis

Source: Facebook Boga tani satwa

Ekor tipis merupakan jenis asli yang dimiliki Indonesia. Masyarakat meyebutnya dengan nama ekor tipis, Wedhus Gembel, atau Lokalan. Dunia Internasional menyebutnya Javanese Thin-Tailed sheep

Penyebarannya merata hampir di seluruh wilayah Indonesia, Banyak terkonsentrasi di wilayah Jawa Barat dan Jawa tengah ( ga heran, memang sebagian besar peternak ada di sana hehe)

Harga Domba ekor tipis relatif lebih murah jika dibandingkan dengan jenis lainnya, untuk bibitan jantan harga sekitar 1 Juta, sedangkan bibitan betina 600 ribu.

2. Ekor Gemuk

Domba Ekor Gemuk Sapudi

Source : Facebook Farid Niam

Ekor Gemuk yang asli ada di Pulau Sapudi, di utara Jawa. Namun, dikawin silangkan dengan berbagai macam jenis sehingga masyarakat menyebutnya dengan wedhus Gibas atau crossingan. 

Menurut pencariaan google (uhuiiii nyontek dikit ),  jenis domba ini dibawa oleh pedagang dari Gujarat di abad ke 18 sebagai bagian dari misi perdagangan. Di masa yang hampir bersamaan, Mr. Kumpeni Belanda juga mengimpor domba sejenis dari India dan Persia. 

Pada awal berkembangnya berpusat di Jawa Timur, Sulawesi, Lombok. Kemudian menyebar di seluruh Indonesia. Jenis ini Pak Bos bisa katakan adalah Jenis Domba Unggulan Pedaging karena beberapa Faktor diantaranya, mudah berkembang biak, pertumbuhan penggemukan lebih cepat, postur tubuh lebih besar. Jenis inilah yang sangat mudah disilangkan dengan berbagai jenis domba lainnya seperti Merino, sufolk, Awasi, Dorper, Texel, sopas, dll. Dari hasil persilangan tersebut melahirkan jenis genetik baru yang di klaim oleh bebrapa daerah sebagai domba asli wilayahnya seperti Dombos Wonosobo, Dormas Jember, Ekor Gemuk Palu 

Harga Bakalan lebih mahal diatas wedhus gembel. Untuk Jantan sekitar 1,5 Juta. Betina 900 Ribu.

3. Domba Garut ( Dogar)

Domba GArut

Tanduk panjang spiral, kepala besar, leher kuat, badan panjang dan lebar, kaki tinggi. Perawakannya menunjukkan ciri-ciri idela seeokor domba. Jenis paling terkenal di Indonesia, jika orang menyebut nama Domba. Yang terbayang adalah Dogar.

Jenis ini sebenarnya juga adalah jenis persilangan antara Ekor tipis, ekor gemuk, dan Merino. Proses breeding selama bertahun-tahun hingga mencapai keseragaman terbaik menjadikan jenis ini sangat unggul dibanding yang lain.

Penyebaran hampir 100% berada diwilayah Jawa Barat, Hanya sebagian kecil yang ada di luar wilayah tersebut. Suatu proyek pengembangan juga sedang diupayakan di Wilayah Timur Tengah dengan ekspor bibit terbaik ke Uni Emirat Arab. 

4. Domba Crossing

Domba Dormas

Domba Crossing merupakan jenis persilangan ekor gemuk, ekor tipis dengan berbagai macam jenis domba luar negeri yang didatangkan oleh pemerintah. Prosentase jumlahnya sangat sedikit di Indonesia, bahkan bisa dibilang akan menuju kepunahan dalam jangka waktu 10 tahun ke depan

Kenapa?

Jenis ini paling banyak di buru pelaku peternak penggemukan, tanpa diimbangi breeding yang seimbang. 

Kok Bisa ?

Weslah silahkan pikir dewe, siapa kapitalis di dunia ternak Domba. cukup disini aja pembahasan Jenis Domba Unggulan Pedaging di Indonesia.

 

Baca Juga :


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...