Panduan Bisnis Ternak Untung

Mudah ! Budidaya Ikan Gabus di kolam terpal

banner

bosternak.com РPara peneliti telah menyampaikan jika jenis ikan ini memiliki kandungan Nutrisi setara ikan salmon. Pak bos kali ini akan share cara mudah ! Budidaya Ikan Gabus di kolam terpal

Budidaya Ikan Gabus

Budidaya Ikan Gabus

Ikan gabus adalah satu diantara ikan air tawar yang dapat dikonsumsi oleh orang-orang biasanya. Ikan gabus ini sangat banyak di jumpai di kolam-kolam besar dan di sungai-sungai besar ataupun kecil. Tidak sama dengan budidaya ikan gurame kolam terpal dikarenakan banyak peneliti yang lakukan riset perihal kandungan gizi didalam badan ikan gabus ini. Nyatanya riset itu menunjukkan bahwa ikan gabus memiliki nutrisi yang tinggi dan bisa melakukan perbaikan gizi tidak baik pada bayi, anak dan ibu hamil.

Diluar itu, kandungan yang ada ikan gabus dipercaya dapat mempercepat pengobatan luka. Kandungan protein yang terdapat pada ikan gabus diakui bisa menangani beberapa macam penyakit beresiko seperti stroke,infeksi paru-paru, hepatitis dan sebagainya. Anda dapat membudidayakan ikan gabus didalam terpal, budidaya kolam terpal lebih menghemat cost daripada di kolam semen.

Bila di daerah perdesaan ikan gabus di kenal sebagai ikan kutuk. Ikan gabus ini hidupnya di air tawar dan dia juga adalah predator untuk benih yang rakus. Di alam liar umpamanya di sungai-sungai, ikan gabus tak memangsa benih ikan saja tetapi juga memangsa ikan yang telah dewasa, serangga di air dan yang lain.

Walau demikian, ikan gabus mempunyai kandungan gizi hingga beberapa orang yang coba budidaya ikan gabus kolam terpal lantaran lebih murah. Terkecuali kandungan gizinya yang besar, nyatanya menernakkan ikan gabus tak serumit menernakkan ikan lele. Terlebih ikan gabus ini memiliki kandungan zat yang dapat mengobati beragam penyakit hingga beberapa orang mengonsumsinya. Walau demikian belum banyak pelaku bisnis ikan gabus hingga bila Anda coba membudidayakan ikan gabus pasti untungnya besar.

Budidaya Ikan Gabus di kolam terpal

Budidaya Ikan Gabus di kolam terpal

Bila Anda mau coba budidaya ikan gabus kolam terpal, semestinya Anda harus menyiapkan kolam terpalnya terlebih dulu. Baiknya bikin kolam terpal dengan bentuk persegi dikarenakan relatif lebih luas. Cara bikin kerangkanya dapat dengan menggali tanah dan dapat pula dengan tak menggali tanah dengan membuat didng dari bilah bambu. seandainya Anda membuatnya dengan kokoh dan kuat dan di jamin kolam akan tidak rubuh. Panduan ini dapat diaplikasikan pada budidaya ikan lele kolam terpal, yaitu sesudah kerangka galian kolam telah di buat jadi Anda mesti mempersiapkan terpal dengan ukurannya cukup untuk menutupi kerangka yang telah di buat tadi. Terpal yang telah siap belumnya dapat segera dipakai untuk membudidayakan ikan tetapi mesti di rendam sepanjang tiga hari. Dan janganlah lupa untuk mengikat sisi tepi dengan kawat, tali dan paku supaya lebih kuat dan kokoh.

Jika kerangka telah jadi dan terpal juga telah di rendam air sepanjang tiga hari, jadi kolam telah dapat berisi bibit ikan gabus. Bibit ikan gabus bisa Anda peroleh dengan beli serta bisa lakukan pembenihan sendiri. Umumnya air yang sangatlah bagus jika disebar bibit ikan gabus yakni jika air telah tercampur dengan biodin df supaya plankton tumbuh di air itu. Mudah bukanlah lakukan budidaya ikan gabus kolam terpal? Butuh Anda cermati janganlah memberi pakan pada benih ikan gabus saat sebelum 2 hari sesudah ikan gabus dilepaskan. Jauhi memberi pakan pada ikan gabus sewaktu ikan gabus tengah stres.

Anda bisa menggunakan pakan alternatif Maggot BSF untuk pengganti peletnya

Tips Langkah Dalam Cara Budidaya Ikan Gabus Kolam Terpal

Tips Langkah Dalam Cara Budidaya Ikan Gabus Kolam Terpal

Tentukan Indukan Jantan Serta Betina ikan gabus

Langkah pertama yang dikerjakan untuk budidaya kolam terpal yaitu dengan pilih indukan jantan serta betina Yang baik serta umurnya sudah tua atau matang untuk di jadikan indukan, yakni dengan lihat penampilan ikan gabus dengan cara fisik. Mengenai tanda-tanda ikan gabus jantan yaitu mempunyai kepala berupa oval, warna badan gelap, bila di urut keluarkan cairan bening, serta lubang genital berwarna merah. Mengenai ciri fisik pada betinanya yaitu warna badan lebih jelas dengan kepala yang bulat serta perut jadi membesar. Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal yang baik yaitu tentukan Induk yang baik, tentukan ikan gabus jantan yang beratnya sudah meraih 1 KG.

Pemijahan Untuk Mendapatkan Bibit ikan gabus

Pemijahan Untuk Mendapatkan Bibit ikan gabus

Bibit ikan gabus bakal dihasilkan bila pemijahan berjalan berhasil. Yang butuh disiapkan yaitu bak tempat persiapan dengan ukuran panjang 7 m x 4 m x 2 m. Lalu keringkan bak itu sepanjang 3 sampai 4 hari. Kemudian barulah bak beton itu berisi air sampai 50 cm. Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal bakal sedikit susah waktu pemijahan, lantaran bakal tambah baik bila air dibiarkan mengalir, sedang memakai terpal cukup susah untuk mengalirkannya. Lalu tutupi kolam itu dengan memakai enceng gondok. Serta masukkan pejantan 30 serta betina 30 dalam bak itu, lantas bila telah bertelur, bawa dengan memakai skupnet yang halus serta telur juga siap menetas.

Penetasan Telur ikan gabus

Penetasan Telur ikan gabus

Supaya proses penetasan dapat di kontrol dengan mudah, jadi baiknya proses dikerjakan dengan memakai akuarium agar selain mudah mengontrol kita dapat melihat dengan jelas perkembangan dikarenakan tarnparan media tempat penetasan tersebut.. Hingga bila cara budidaya kolam terpal yang Anda kerjakan, seharusnya Anda konsisten menyediakan akuarium untuk hasil paling baik.
Pemeliharaan Larva

Untuk pemeliharaan larva ikan gabus bisa diawali mulai sejak 2 hari sesudah menetas sampai ikan itu berumur 15 hari. Yangmasih tetap bayi ini dapat mesti di beri pakan, yakni nauplii Artemia. Untuk memperoleh pakan ikan gabus itu Anda dapat beli di toko ikan atau toko pakan ternak.
Setelah itu ikan telah siap untuk tempati kolam baru.

Cara budidaya ikan gabus di kolam terpal tak perlu menanti untuk pengeringan sampai 1 minggu. Tetapi bila Anda memakai kolam beton, jadi Anda mesti menanti sampai 1 minggu baru bisa dipakai.

sangatlah mudah, jika yang telah diterangkan diatas tercukupi, jadi Anda tinggal merawatnya. Menjaga ikan gabus dan membesarkannya juga relatif mudah yaitu dengan memberi makan dengan teratur dan kebersihan air mesti terus dijaga supaya ikan gabus tak mudah sakit, terus sehat dan tak mati. Semoga pembahasan Budidaya Ikan Gabus di kolam terpal ini bisa membantu anda

Incoming search terms:

  • tutorial kolam terpal induk ikan gabus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...