Panduan Bisnis Ternak Untung

Panduan Pemula Ternak Lovebird Koloni

banner

bosternak.com –  Panduan Pemula Cara Benar Ternak Lovebird Koloni agar cepat bertelur. Pemilihan Bibit, Kandang yang tepat, Pakan extra sampai pemeliharaan yang benar

Ternak Lovebird Koloni

Panduan Pemula Ternak Lovebird Koloni

Lovebird merupakan jenis burung yang memiliki kicauan sangat merdu dan juga memiliki jenis bulu yang sangat indah. Lovebird bukan burung petarung, melainkan burung ini biasanya digunakan untuk dijadikan sebagai burung peliharaan atau perlombaan karena kecantikan bulu dan suara merdunya.

Semakin banyak permintaan lovebird khususnya bagi pecinta burung, tentu saja peluang usaha ternak lovebird koloni semakin menjadi ide usaha yang bisa dijalankan. Terlebih harga burung lovebird ini sangat tinggi.

Jika Anda tertarik untuk beternak lovebird, cara ternak lovebird koloni sangat dianjurkan. Cara koloni dalam ternak lovebird akan memudahkan proses perawatan dan pemeliharaan burung ini sendiri. Namun cara beternak yang tepat harus Anda pahami.

Panduan Pemula Ternak Lovebird Koloni

Indukan lovebird Koloni

Indukan lovebird Koloni

Bagi Anda yang tertarik untuk ternak lovebird koloni, hal pertama yang Anda harus siapkan adalah memilih indukannya. Sebenarnya cara ternak ini sangat umum karena ternak apapun yang perlu disiapkan lebih dulu adalah indukan.

Jadi pastikan kriteria indukan yang disiapkan sangat baik. Baiknya Anda pilih indukan lovebird yang sehat dan berkualitas agar hasilnya juga sempurna. Selain itu, pilih calon indukan yang memiliki suara nyaring dan bulu yang cantik karena indukan sangat menentukan hasil anakan nantinya.

Kini tergantung anda untuk memilih jenis indukan lovebird apa yang akan anda kawinkan :

  1. LOVEBIRD KEPALA ABU-ABU / LOVEBIRD MADAGASKAR /AGAPORNIS CANA
  2.  LOVEBIRD MUKA MERAH / AGAPORNIS PULLARIA
  3. LOVEBIRD SAYAP HITAM / LOVEBIRD ABYSSINIAN / AGAPORNIS TARANTA
  4. LOVEBIRD KERAH HITAM / AGAPORNIS SWINDERNIANA
  5. LOVEBIRD MUKA SALEM / AGAPORNIS ROSEICOLLIS
  6. LOVEBIRD KACAMATA FISCHER / AGAPORNIS FISCHERI
  7. LOVEBIRD KACA MATA TOPENG / AGAPORNIS PERSONATA
  8. LOVEBIRD KACAMATA NYASA / AGAPORNIS LILIANAE
  9. LOVEBIRD KACAMATA PIPI HITAM / AGAPORNIS NIGRIGENIS

Buat kandang koloni lovebird yang nyaman

kandang koloni lovebird

Cara ternak lovebird koloni yang benar selanjutnya adalah memastikan kandang yang disiapkan untuk indukan. Sama halnya dengan manusia yang tidak bisa tenang hidup di tempat yang tidak nyaman, lovebird pun demikian.

Tentukan ukuran dan perlengkapan apa saja yang dapat mendukung burung tinggal nyaman didalam kandang. Anda harus siapkan tempat makan tempat bermain dan sebagainya. Buatlah kandang senyaman mungkin supaya burung lovebird pun bisa hidup dengan nyaman secara koloni.

Simak juga pembahasan :

Begini Cara Sukses Ternak Burung Merpati Yang Harus Anda Ketahui!

Tunggu indukan siap kawin

Setelah Anda memilih indukan yang berkualitas, selanjutnya yang Anda harus lakukan adalah menunggu sampai indukan benar – benar siap kawin. Aspek ini menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan karena memaksa indukan lovebird untuk segera kawin bukan hal yang baik.

Bahkan sebagus apapun kualitas dari lovebird yang Anda pilih, jika tidak siap kawin tentu saja hasil anakannya tidak akan sebaik induknya. Karena itu pastikan indukan yang digunakan untuk dikawinkan benar – benar siap kawin.

Hal tersebut diperlukan untuk tujuan supaya lovebird jantan mampu mendominasi selama proses perkawinan yang berlangsung. Dengan demikian, maka peluang pembuahan pada lovebird pun memberikan potensi yang lebih tinggi.

Kawinkan lovebird

Kawinkan lovebird

Salah satu aspek yang sangat penting dilakukan supaya lovebird memiliki anakan yang banyak dan kualitasnya maksimal adalah ketika proses kawin lovebird itu sendiri. Proses mengawinkan lovebird sangat mudah dilakukan sebenarnya.

Caranya cukup dengan Anda masukkan lovebird jantan dan betina ke dalam satu kandang. Kemudian selanjutnya tunggu selama beberapa hari apakah mereka sudah melakukan perkawinan dan bertelur ataukah tidak. Cek hasilnya kemudian. Jika tidak, lakukan antisipasi selanjutnya.

Siapkan tempat untuk bertelur

Selain kandang dan berbagai hal yang perlu disiapkan lainnya dalam ternak lovebird, selanjutnya yang juga perlu Anda siapkan adalah tempat untuk bertelur. Tempat bertelur atau sering disebut dengan glodok bisa dibuat sendiri.

Glodok atau tempat bertelurnya lovebird dapat dibuat dari bahan kayu yang keras dan dibuat dengan bentuk yang ukurannya sebesar 20 x 20 x 25 cm. Selain itu, Anda sediakan juga kayu yang sudah diserut, ranting yang kecil dan dedaunan didalam kotak sebagai sarang lovebird.

Peternak lovebird tidak perlu susah untuk membuat sarangnya. Hal tersebut karena lovebird mampu membuat sarang telur sendiri. Dengan membuat sarang telur sendiri, lovebird pun akan merasa nyaman dibandingkan ketika membuat sarang yang dibuatkan peternak. Jadi, biarkan saja mereka membuat sarang untuk mereka sendiri sesuai selera dan kebutuhan lovebird tersebut.

Makanan Ternak lovebird koloni

Agar bisa menghasilkan anakan yang berkualitas, Anda perlu siapkan makanan supaya lovebird bisa cepat bertelur. Anda bisa memberikan indukan dengan makanan yang kaya kandungan gizi seperti halnya jagung muda, biji sawi, biji kenari, jewawut, tulang sotong, kuaci, tauge, kangkung dan yang lainnya. Dengan makanan yang berkualitas tersebut, indukan pun akan menghasilkan telur dan anakan yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Makanan ternak Loverbird koloni memanglah lebih banyak daripada jika di taruh dalam sangkar kecil, karena burung ini mengeluarkan banyak energi untuk bergerak. Perhatikan kebutuhan nutrisinya, kandungan pakan seharusnya tinggi protein untuk memacu gairah pejantan untuk lebih giat lagi kawin dengan betina. Tambahkan nutrisi ekstra yaitu nutribird A21, yang memiliki kandungan vitamin lengkap dalam masa kawin dan mengerami

Antisipasi indukan yang tidak mau mengerami telurnya

Setelah proses perkawinan dilangsungkan, tak lama kemudian indukan akan langsung bertelur. Indukan biasanya akan mulai bertelur dengan telur sebanyak 3 butir. Akan tetapi terkadang indukan tidak mau mengerami telurnya sendiri.

Inilah yang menjadi masalah dan harus segera teratasi. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mendekatkan indukan lain yang sudah mengerami indukan yang baru saja bertelur dan yang enggan mengerami telurnya. Biasanya hal tersebut bisa diketahui dari suara erangan.

Suara erangan lovebird yang sudah mengerami telurnya akan memancing lovebird yang baru saja bertelur untuk melakukan aktivitas pengeraman. Satu hal yang Anda perlu ingat bahwa mendekatkan disini bukan berarti mendekatkan burungnya akan tetapi yang didekatkan adalah sarangnya.

Jika dengan cara ini tidak dapat teratasi, maka cara terbaik adalah memindahkan telur-telur tersebut ke ruangan tersendiri. Buatlah kandang terpisah khusus untuk pengeraman, Seperti halnya Inkubator telur, beri pemanasan yang cukup, selalu perhatikan suhu dalam ruangan

Berapa lama telur lovebird menetas ?

Indukan Lovebird akan mengerami telurnya selama 21 – 30 hari. Namun, sebagai seorang peternak anda wajib melakukan pengecekan kondisi telur, saat sore hari anda bisa mengarahkan senter sebagai penerawangan ada atau tidak calon anakan lovebird di dalamnya. jika ada berarti akan nampak bayang-bayang embrio di dalamnya. Namun jika tidak, sebaiknya disisihkan terlebih dahulu, karena bisa dipastikan hanya menjadi telur kosong

Baca juga :

Cara Mudah Ternak Lovebird Koloni Agar Gacor

Ternak Burung Puyuh Rumahan Prospek Bisnis Menjanjikan!

Itulah step by step bagaimana cara benar ternak lovebird koloni yang Anda perlu perhatikan. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Incoming search terms:

  • love bird koloni
  • pakan ternak lovebird koloni
  • ternak lovebird koloni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...