Ternak Untung

RESMI ! Padang Lawas Sentra Instalasi Pembibitan Ternak Sapi Potong SUMUT

banner

Padang Lawas Sentra Instalasi Pembibitan Sapi Potong dan Pengembangan Pakan Ternak SUMUT diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Bosternak.com – Selasa (15/6/2021) Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi secara resmi meresmikan Instalasi Pembibitan Sapi Potong dan Pengembangan Pakan Ternak di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Barumun Selatan, Kabupaten Padang Lawas (Palas). Dengan diresmikannya fasilitas ini diharapkan bisa meningkatkan produksi sapi dan sebagai lumbung pakan ternak, selain itu juga untuk mendorong Palas menjadi sentra ternak sapi di Sumatra Utara.

Instalasi ini di proyeksikan memiliki kandang seluas 6 (ha) untuk menampung sebanyak 300 ekor sapi. Tidak lupa juga lahan seluas 16 (ha) sebagai lahan pengembangan rumput serta lumbung bahan pakan ternak, yang ditanam adalah rumput jenis odot, king grass, hingga pakcong. Sapi proyeksi adalah Brahman sampai Limosin.

Edy mengungkapkan, saat ini seluruh peternakan di sumut hanya mampu menyuplai kebutuhan daging sebanyak 23 persen dari kebutuhan seluruh warga sumut ” Kita (Sumut) kekurangan daging, untuk itu, kehadiran instalasi pembibitan ternak sapi potong ini diharapkan dapat menggenjot produksi daging sapi kita,”

Jika Ditarik lurus ke belakang atau jaman Kolonial Belanda, Kabupaten Palas sangat cocok untuk wilayah peternakan. Pada jaman tersebut, pemerintah kolonial Belanda menjadikan wilayah ini sebagai sentra ternak untuk pemasok daging sapi dari Aceh sampai SUmatra Barat. Imbuh Eddy.

“Kalau kita belajar sejarah Riau, dulu daging itu datangnya dari sini (Palas), bahkan Aceh dari sini. Apalagi Tabagsel semua dari sini. Daerah ini (Palas) didesain oleh Belanda memang untuk pertanian dan ternak, ” kata Edy Rahmayadi.

Kepala Seksi Pengembangan dan Produksi Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pembibitan Ternak Unggas dan Sapi Sihitang, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Yunas menambahkan, selama ini Sumut kesulitan mendapatkan bibit sapi unggul. Sehingga bibit sapi terpaksa diambil dari luar Sumut.

“Instalasi ini diharapkan dapat memenuhi ketersediaan bibit juga, selama ini kita kesulitan mendapatkan bibit unggul, kita harus dari luar mendapatkannya,” kata Yunas.

 Instalasi ini kedepannya juga akan berperan penting sebagai tempat edukasi dan pelatihan bagi masyarakat yang ingin belajar pembibitan sapi. Para kelompok ternak sapi juga akan digandeng untuk menyukseskan gerakan ini.

“Kita menargetkan hasil dari bibit sapi di sini bisa kita sebar ke masyarakat, sehingga di masyarakat akan tersebar bibit sapi unggul yang lebih baik, kita juga menargetkan ini dapat menghasilkan PAD bagi Pemprov Sumut, ” kata Yunas.

Wakil bupati kabupaten Padang Lawas Ahmad Zarnawi Pasaribu yang ikut menghadiri acara ini turut juga mengapresiasi kepedulian Gubernur untuk memajukan wilayahnya, Menurutnya hal tersebut akan membuat Palas sebagai lumbung pangan ternak di kawasan Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

“Terima kasih Bapak Gubernur yang telah membangun instalasi pembibitan ternak sapi potong yang manfaatnya untuk menunjang masyarakat Palas, sehingga Palas kembali sebagai lumbung ternak Tabagsel, mudah-mudahan ini bermanfaat,” katanya.

Simak juga berita lainnya :

Incoming search terms:

  • peternakan sapi limosin di sumatera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...