Panduan Bisnis Ternak Untung

Cara Pemula Sukses Ternak Ayam Bangkok

banner

bosternak.com – Halo jumpa lagi dengan pak bos. Kali ini akan menampilkan pembahasan Kunci Cara Pemula Sukses Ternak Ayam Bangkok menghasilkan bibitan super pakan & kandang sederhana meski dilakukan di kandang sempit rumahan agar untung maksimal 

 

Sukses Ternak Ayam Bangkok

Sukses Ternak Ayam Bangkok

Bagi pemula yang ingin beternak ayam bangkok tidak perlu ragu untuk memilih usaha yang satu ini karena ayam bangkok sangat mudah untuk perawatannya dan harga jualnya pun tinggi. Tentu ini sangat menguntungkan bagi anda yang melihat dari segi bisnis. Ayam Bangkok ini adalah jenis ayam petarung yang dipelihara oleh para pecinta ayam. Peluang usaha ternak ayam bangkok cukup menjanjikan baik dalam skala kecil atau skala besar.

Sory sorry aja nih ye, bukannya pak bos sok jago ato sok nguliahin ente pade. untuk ente yang pemula ada baiknnya memulai dari yang kecil kecil dulu deh, kenali dahulu pola perkembanganbiakan, penggemukan, sampai perkawinan. Yujuannya apa ? agar siap mengatasi kendala-kendala yang terjadi sebelum melangkah ke jenjang populasi yang lebih besar. Nah, ini dia Tips sukse untuk ente pada

Tips dan Cara Ternak Ayam Bangkok untuk Pemula Agar Sukses

cara Ternak Ayam Bangkok agar sukses

Banyak tips dan langkah sukses yang dapat anda pelajari dan jalankan, berikut akan dibahas beberapa cara pemula untuk sukses ternak ayam bangkok.

Mencari Bibit Ayam Bangkok yang Berkualitas

Langkah pertama untuk melakukan ternak ayam bangkok adalah mencari bibit ayam yang berkualitas yang nantinya akan menghasilkan produksi yang berkualitas pula sehingga sangat penting untuk memilih bibit-bibit yang unggul. Harga jual untuk bibit ayam bangkok jantan tergolong tinggi di pasaran, ada yang mencapai ratusan juta untuk harga satu ayam saja.  Ayam bangkok jantan dan betina yang bagus dapat dilihat juga dari ciri fisiknya. Ayam bangkok dengan kualitas unggul memiliki ciri-ciri antara lain kepala berbentuk pinang dengan tulang alis yang tebal, kaki memiliki sisik yang kasar, ayam jantan memiliki badan yang tegap dan membusung, leher berukuran besar dan panjang.

Ciri indukan ayam bangkok betina yang unggul :

  • Ayam sehat dan tidak cacat
  • Memiliki produktivitas tinggi
  • Memiliki bulu yang bagus dan berkualitas
  • Berumur sekitar 7-8 bulan dan telah siap kawin

Ciri Indukan ayam bangkok jantan yang unggul :

  • Ayam sehat dan tidak cacat
  • Berpenampilan gagah dan memiliki suara lantang
  • Memiliki gerakan yang lincah
  • Memiliki bulu yang baik dengan warna bagus
  • Nafsu kawin tinggi
  • Berumur sekitar 1 sampai 2,5 tahun dan bertaji

Membuat Kandang Jantan dan Betina Ayam Bangkok

KANDANG TERNAK  Ayam Bangkok

Kiat sukses selanjutnya adalah membuat kandang untuk ayam bangkok jantan dan ayam bangkok betina. Kandang yang dibuat harus dipisahkan karena keduanya ayam tersebut memiliki karakter yang berbeda. Ayam bangkok betina lebih bisa beradaptasi dengan lingkungannya, ayam bangkok betina dapat bertindak agresif dan pemarah jika ada yang mengganggu anak-anaknya. Sedangkan pada ayam bangkok jantan juga masing-masing harus dipisahkan dan tidak bisa dijadikan satu tempat karena ciri dari ayam bangkok jantan adalah bertarung.

Kebersihan kandang harus selalu dijaga minimal dibersihkan setiap hari pagi dan sore. Dan keuntungannya ayam bangkok tidak sembarang dalam memilih makanan sehingga kotoran yang dihasilkan tidak sebanyak dan tidak sebau ayam potong.

Memilih Pakan Ayam Bangkok dengan Nutrisi Tambahan

Tahapan selanjutnya yang paling penting adalah memilih pakan yang tepat untuk ayam bangkok. Untuk bisa menjadikan indukan ayam bangkok yang handal dan memiliki harga jual tinggi tentunya makanan yang diberikan juga harus terjamin. Oleh karena itulah pakan ayam yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan nutrisi dasar ayam. Disamping itu untuk mendapatkan hasil terbaik dari ternak ayam bangkok dapat ditambahkan beberapa vitamin dan probiotik agar ayam lebih sehat dan gagah.

Memberikan tambahan jamu tradisional yang terbuat dari bahan kunyit juga dapat menambah nafsu makannya dan membuat berat ayam semakin bertambah dan badannya semakin tegap. Pemberian pakan juga harus diperhatikan berdasarkan umur ayam, diantaranya ayam dikelompokkan dalam 4 kelompok umur yaitu :

  • Ayam anakan berumur 0-6 minggu
  • Anak ayam berumur 6-12 minggu
  • Ayam muda berumur 12-16 minggu
  • Ayam dewasa berumur 18-68 minggu

Dilihat dari pengelompokkan umur tersebut diatas maka anda sebagai peternak pemula harus memahami dan mengerti cara serta takaran dalam pemberian pakan untuk ayam bangkok anda.

Cara Memelihara Ayam Bangkok yang Baik

Cara Memelihara Ayam Bangkok

Sekarang saatnya untuk mengetahui tahapan dalam memelihara ayam bangkok dimulai dari persiapan kandang, pemeliharaan ayam bangkok serta pemanenan ayam bangkok.

Persiapan Kandang 

Persiapan untuk penempatan dan model kandang ternak ayam bangkok sangat penting dan perlu diperhatikan. Model kandang yang dapat digunakan untuk ternak ayam bangkok yaitu seperti kandang dari bambu, papan ataupun rotan. Dalam membuat kandang pemeliharaan perlu diperhatikan dari segi kenyamanan serta keamanan dan tidak mudah terserang penyakit.

Perkiraan ukuran kandang untuk melakukan pemeliharaan pada ayam berumur 6 – 12 minggu adalah sekitar 100 x 100 x 40 cm. Sedangkan untuk ayam yang berumur 12 – 16 minggu dengan jumlah sekitar 15 ekor adalah berukuran 100 x 100 x 60 cm. Dan untuk ayam berumur 18 – 68 minggu adalah dengan ukuran kandang 30 x 30 x 30 cm per ekor ayam.

Setelah kandang selesai dibuat perlu dilengkapi pula dengan perlengkapan dan peralatan yang akan menunjang pemeliharaan seperti wadah pakan, wadah minum dan lain-lain.

Penggemukan 

Budidaya atau ternak ayam dengan cara ayam selalu berada di dalam kandang, perlu untuk diperhatikan pemeliharaan seperti pembersihan kandang yang harus selalu dipastikan bersih agar ayam tetap sehat dan tidak terserang penyakit serta tidak mudah stress, pemberian pakan dilakukan sebanyak 2 kali sehari dengan menggunakan pakan berupa beras, dedak serta tambahan pakan seperti nutrisi yang terbuat dari rempah. Tidak lupa juga untuk selalu memberikan minuman dengan air yang selalu rutin diganti setiap harinya.

Upaya pencegahan terhadap penyakit pada ayam Bangkok juga harus dilakukan, karena jika terserang hama penyakit dapat membuat ayam menjadi lemah, abnormal dan bahkan mati, maka perlu dilakukan pencegahan dengan cara menjaga kebersihan kandang, vaksinasi dan pemberian vitamin pada ayam.

Mengawinkan 

Berikut adalah cara sederhana untuk mengawinkan indukan ayam bangkok jantan dengan ayam bangkok betina.

  • Induk jantan dan induk betina dilepaskan dalam kandang dengan ukuran lebih kurang 5 x 5 m. Masukkan jumlah indukan dengan perbandingan satu jantan dan empat ekor betina;
  • Anda bisa langsung mengawinkan kedua indukan dengan cara memegang indukan betina dengan posisi ekor menghadap kedepan kemudian dihadapkan kepada induk jantan, induk jantan yang baik akan langsung mengawini indukan betina;
  • Berikan induk betina vitamin sekali dua hari secara rutin selama masa kawin sampai masa bertelur selesai.

Tahap dan Cara Panen 

Pemanenan ayam bangkok dapat dilakukan saat ayam masih kecil, masih berukuran sedang dan telah berumur dewasa, tergantung peternak. Untuk menekuni usaha budidaya ternak ayam bangkok sebaiknya Anda sebagai pemula perlu memahami manfaat dari ayam bangkok tersebut. Pemilihan bibit indukan sesuai dengan keinginan dan sasaran penjualan ayam bangkok yang ingin anda capai sehingga dapat jelas kemana arah pasar dan harga penjualan ayam Bangkok yang anda budidayakan.

Sebaiknya anda juga memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan untuk membeli indukan jangan sampai membeli yang terlalu mahal dan hasil tidak sesuai dengan selera pasar atau penjualan yang sulit dapat berakibat kerugian untuk anda.

Simak pembahasan menarik kami lainnya :

Demikian artikel tentang cara pemula sukses ternak ayam bangkok semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mengerjakan usaha dengan penuh ketekunan dan kesabaran yang pastinya akan mendatangkan kesuksesan. Selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • ternak ayam bangkok
  • bisnis ayam bangkok sukses
  • Agar sukses ternak ayam bangkok
  • sukses beternak ayam bangkok
  • peternak sukses ayam bangkok
  • panduan memelihara ayam aduan bangkpk supaya sukses
  • cara sukses ternak ayam Bangkok
  • cara sukses beternak ayam aduan
  • cara beternak ayam bangkok untuk pemula
  • Trik sukses rawat ayam bangkok

Comments to Cara Pemula Sukses Ternak Ayam Bangkok

  • Keren.. Terimakasih info dan referensinya sangat membantu. Sukses yah !!

    Arsil Ahmad May 14, 2020 11:40 am Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...