Panduan Bisnis Ternak Untung

Syarat Sah Hewan Kurban Dalam Islam

banner

Bosternak.com – Kurban adalah Ajaran yang menunjuk kembali ke kisah terkenal Nabi Ibrahim As, yang diperintahkan oleh Allah swt untuk mengorbankan anaknya sendiri sebagai ujian. Kenali terlebih Dahulu Syarat Sah Hewan Kurban Dalam Islam untuk anda yang tahun ini secara individu berniat untuk membeli Hewan Qurban 

Mengapa Umat Muslim melakukan Kurban ?

 

Mengapa Umat Muslim melakukan Qurban

Qurban waktunya bersamaan saat jutaan umat muslim melakukan Ziarah untuk melaksanakan ibadah Haji, penyembelihan hewan kurban menyertai akhir ziarah dan dimulainya hari raya idul kurban

Assafaat 102 Surat tentang Qurban

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.

(Al-Qur’an 37:102)

Namun, setelah mereka telah terbukti kesediaan mereka untuk menaati perintah-perintah Allah, Allah berkehendak dan membiarkan Ibrahim mengorbankan binatang sebagai gantinya.

falammaa aslamaa watallahu liljabiini

Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ).

 

wanaadaynaahu an yaa ibraahiimu

 
 

Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim,

qad shaddaqta alrru/yaa innaa kadzaalika najzii almuhsiniina

 

Sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

 

(Al-Qur’an 37:103-106)

Cerita ini adalah dasar dari Qurban, kurbanrban sapi, kambing, domba, atau unta yang terjadi setelah doa Eid ul-Adha pada tanggal 10 bulan Dzul Hijjah.

Praktek ini sangat didorong oleh Nabi Muhammad ﷺ, yang ketika ditanya tentang korban berkata,

“Itu adalah cara Allah swt kepada bangsa Ibrahim… Ada satu hadiah untuk setiap untai wol.”

(Musnad Ahmad)

 

jual Kambing Kurban Jember

Daging Qurban biasanya didistribusikan pertama antara keluarga yang korban binatang, dan kemudian antara miskin dan miskin di masyarakat, seperti yang ditetapkan dalam Al Qur’an.

“Kami telah membuat unta bagian dari ritual sakral Jahweh bagi Anda. Ada banyak baik di dalamnya untuk Anda, jadi tanyakan nama Allah atas mereka seperti mereka berbaris untuk korban, kemudian, ketika mereka telah jatuh ke bawah mati, feed dirimu dan orang-orang yang tidak meminta, serta mereka yang melakukan. Kita telah mengalami mereka kepada Anda dengan cara ini sehingga Anda mungkin bersyukur.”

(Al-Qur’an 22:36)

Karena banyak kesulitan dan tragedi yang dihadapi kaum Muslim di seluruh dunia saat ini, Qurban biasanya dilakukan oleh amal yang mendistribusikan daging antara miskin dan miskin di seluruh dunia. 

Semoga Allah menerima semua korban-korban kita saat ini .

Syarat Sah Hewan Kurban Dalam Islam

Domba Kurban

Domba merupakan salah satu hewan ternak yang boleh di gunakan sebagai Hewan yang di Kurbankan saat Hari Raya Idul Adha. Sapi, kerbau, Unta juga dapat di gunakan. Masyarakat memilih Domba karena beberapa pertimbangan, diantaranya :
 
– Lebih murah dibandingkan hewan ternak yang lain

– Menghasilkan daging yang lebih banyak dibandingkan Kambing

– Bau yang tidak terlalu langu

– Mudah didapatkan karena populasi yang melimpah

– Usia domba qurban yang relatif singkat

Namun, untuk memenuhi hal tersebut perlu adanya aturan sebagai Syarat Sah Hewan Kurban Dalam Islam.

Hukum Hewan Kurban dalam Islam 

Mengenai Hukum domba atau hewan kurban dalam islam, para ulama terbagi menjadi dua pendapat yaitu :
 
1. Pendapat Pertama, hukumnya wajib bagi yang mampu atau memiliki limpahan Rizki. Beberapa ulama yang berdiri dibelakang pendapat ini di antaranya Rabi’ah ( guru Imam Malik), Abu Hanifah, Al-Auza’i, Imam Ahmad, Abu Hanifah, Laits bin Sa’ad beserta beberapa ulama pengikut Imam Malik, Ibnu ‘Utsaimin rahimahumullah dan Ibnu Taimiyah.
 
Diantara dalilnya adalah hadits Abu Hurairah yang menyatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ”Barangsiapa yang berkelapangan (harta) namun tidak mau berkurban maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami.” (HR. Ibnu Majah No.3.123, Al-Hakim 7.672 dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani)
 
2. Pendapat kedua, hukum  hewan kurban adalah sunnah mu’akkadah (ditekankan). Dan ini adalah pendapat mayoritas ulama yaitu Malik, Syafi’i, Ahmad, dan yang lainnya. 
 
Riwayat dari Abu Mas’ud Al-Anshari. “Sesungguhnya aku sedang tidak berkurban. Padahal aku adalah orang yang berkelapangan. Itu kulakukan karena akukhawatir kalau tetanggaku mengira kurban itu adalah wajib bagiku.” (HR. Abdur Razzaq dan Baihaqi dengan sanad shahih).
 
Demikian pula dikatakan oleh Abu Sarihah, “Aku melihat Abu Bakar dan Umar sementara mereka berdua tidak berkurban.” (HR. Abdur Razzaaq dan Baihaqi, sanadnya shahih). Ibnu Hazm berkata, ”Tidak ada riwayat sahih dari seorang sahabat pun yang menyatakan bahwa kurban itu wajib.” (Al-Muhalla 5:295, dinukil dari Shahih Fiqih Sunnah II:367-368, dan Taudhihul Ahkaam, IV:454).
 

Syarat Sah Hewan Kurban Dalam Islam

 
Syarat Sah hewan Qurban Dalam Islam di nukil dari almanhaj.or.id :
1. Hewan kurban merupakan binatang yang diternak seperti Sapi, Unta, Kambing dan Domba
2. Umur hewan ternak untuk kurban sesuai syari’ah adalah :
   – Domba usia Setengah tahun
   – Kambing usia sempurna setahun
   – Sapi telah sempurna usia dua tahun
   – Unta telah sempurna usia lima tahun
3. Tidak cacat sesuai yang telah di jelaskan dalam hadist Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu :
   – Mata buta sebelah
   – Tubuh Nampak sakit
   – Kaki Pincang atau lumpuh
   – Tubuh sangat kurus hingga tidak mempunyai sumsum tulang
4. Domba / hewan kurban merupakan milik orang yang berkurban atau di izinkan (di perbolehkan ) baginya untuk berkurban dengannya. Hewan dari hasil merampok atau mencuri maka hukumnya tidak sah, atau hewan tersebut milik dua orang kecuali dengan izin teman sesama pemiliknya
 
5. Tidak ada hubungan dengan hak milik orang lain. Hewan gadai atau warisan yang belum di alihkan kepemilikannya dinyatakan tidak sah
 
6. Waktu Penyembelihan hewan kurban harus dilakukan sesuai syariah. Sembelihan hewan kurban tidak sah jika disembelih sesudah atau sebelum waktu tersebut.

Syarat Sah Hewan Kurban yang Utama

Jenis yang diutamakan sebagai hewan kurban menurut jenisnya adalah Unta, berikutnya adalah sapi, domba, kambing biasa, berikutnya adalah sepertujuh unta, kemudian sepertujuh sapi. Sedangkan hewan yang utama menurut bentuk tubuhnya adalah hewan yang memiliki bentuk bagus dan sempurna dalam hewan ternak yaitu :

– Gemuk tubuhnya

– Kandungan karkas daging yang banyak

– Fisik Bagus

– Bentuk tubuh sempurna

– Harga relatif mahal
 

Syarat Sah Hewan Kurban yang makruh

– Telinga sobek, putus, melebar, atau memanjang. Ekor putus
– Puting atau pantat putus sebagian atau penuh
– Gila
– Ompong ( tidak punya gigi)
– Tanduk patah / tidak bertanduk
 
Menyembelih Hewan Qurban
 
Diperlukan pengetahuan Cara Benar Menyembelih Domba Qurban sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW agar hewan sembelihan sesuai dengan Syariat Islam.
Pada Hari Raya Idul Adha, umat islam disunnahkan melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Bagi yang berniat untuk berkurban tentu saja akan mencari domba qurban baik itu melalui peternak domba ataupun beli di pasar.

Setelah anda membeli Hewan kurban sesuai Syarat Sah Hewan Kurban Dalam Islam, kini saatnya menyembelih . Untuk melaksanakan hal ini biasanya di pasrahkan kepada tukang jagal hewan. Namun, sebagai pemilik ada baiknya anda juga wajib mengetahui Cara Benar Menyembelih Qurban.

Cara Benar Menyembelih Hewan kurban

Berbicara tentang berqurban, ada tahapan-tahapan yang harus dipahami agar ibadah qurban menjadi tidak sia-sia dan bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Kali ini, saya ingin membagikan kepada anda 7 tahapan cara benar menyembelih Hewan qurban.

1. Sehat dan tidak cacat

Hewan dikatakan sehat, secara langsung bisa dilihat dari kebersihan bulu dan muka hewan tersebut yang cerah. Hewan qurban haruslah tegap dan lincah. Hal tersebut, bisa dijadikan parameter bahwa hewan dalam keadaan baik dan tidak cacat.

2. Menyembelih tidak boleh kasar

Menyembelih hewan qurban harus dilakukan dengan baik dan tidak boleh kasar. Apabila dilakukan dengan kasar, maka hal itu akan menyakiti hewan qurban tersebut.

3. Hewan yang akan disembelih, tidak boleh melihat hewan yang sedang disembelih

Karena hewan qurban tersebut akan mengalami stres. Hewan juga punya perasaan dan emosi, sehingga kita sebagai manusia harus bisa menjaga emosi dan perasaan hewan dengan menyayanginya. Ini merupakan wujud akhlak baik dalam menyayangi sesama makhluk Allah.

4. Menyembelih hewan disunahkan menghadap kiblat

Hewan qurban disembelih menghadap kiblat, karena kiblat merupakan arah terbaik di setiap ibadah yang kita lakukan sebagai umat islam.

5. Penyembelihan hewan dilakukan di bagian leher dan harus memutus 3 saluran, namun tidak sampai memutus kepala

Menyembelih hewan qurban, tidak boleh sampai memutuskan kepala hewan. Hal ini, akan menyiksa hewan tersebut, sehingga pelakunya akan berdosa. Jika hewan telah benar-benar mati, maka dibolehkan memotong kepala hewan itu.

6. Meletakkan hewan yang telah disembelih di tempat yang bersih

Hewan qurban yang telah disembelih harus diletakkan di tempat yang bersih, karena darah dari hewan tersebut masih mengalir dan dikhawatirkan akan terinfeksi bakteri sehingga berbahaya jika dikonsumsi.

7. Beri jeda waktu 5-10 menit, sebelum proses pelepasan kulit dan pemotongan daging hewan

Memberikan waktu 5-10 menit agar hewan tersebut sudah benar-benar mati, sebelum dilakukan proses pelepasan kulit. Jika tidak diberikan jeda waktu, dikhawatirkan hewan tersebut masih hidup dan akan tersiksa bila langsung dilakukan proses pelepasan kulit.

Dengan pembahasan Syarat Sah Hewan Kurban Dalam Islam ini semoga anda menjadi lebih tercerahkan sebelum membeli hewan untuk kurban. Simak juga pembahasan Jenis Domba Unggulan Pedaging di Indonesia

Simak Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...