Panduan Bisnis Ternak Untung

Penghasilan Tambahan Ternak Ayam Bangkok di rumah

banner

bosternak – Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari ternak, salah satu ide ternak yang Anda bisa lakukan adalah ternak ayam Bangkok. Ayam Bangkok ini merupakan jenis ayam aduan atau ayam petarung yang cara memeliharanya sangat mudah.

Pemula bahkan bisa memelihara ayam petarung ini. Tidak butuh lahan yang luas, area di belakang rumah yang sempit juga bisa menjadi tempat untuk beternak ayam Bangkok.

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan area belakang rumah untuk budidaya ayam petarung ini, berikut cara ternaknya yang penting Anda tahu. Khususnya pemula wajib baca informasi ini!

Penghasilan Tambahan Ternak Ayam Bangkok di rumah

Ayam Bangkok

Perhatikan pemilihan indukan

Beberapa penjual ayam Bangkok yang laris di pasaran biasanya akan menyediakan ayam Bangkok dengan kualitas yang juga bagus. Jadi baiknya Anda pilih indukan yang aktif, sehat dan lincah. Pastikan indukan yang Anda pilih tidak dalam kondisi sakit.

Anda harus tahu bahwa kualitas bibit akan dipengaruh secara langsung oleh kualitas indukan serta faktor luar yang lain. Jadi, ada baiknya untuk Anda memilih indukan yang berkualitas terbaik.

Pemilihan kandang harus tepat

Ada beberapa faktor yang Anda harus perhatikan dalam pemilihan kandang. Adapun beberapa faktor yang Anda harus perhatikan tersebut diantaranya :

  • Lokasi ternak atau kandang ayam Bangkok, sekurang – kurangnya harus jaraknya minimal 5 meter dari kandang ayam lain jika ada kemungkinan nantinya Anda akan memelihara jenis ayam lain.
  • Upayakan agar kontur tanah tempat Anda ternak ayam Bangkok datar dengan memiliki beberapa pohon pelindung yang dapat mengatur sirkulasi udara serta masuknya intensitas sinar matahari ke kandang ayam.
  • Pastikan area ternak ayam Bangkok memiliki saluran air yang lancar dan tanpa sumbatan apapun sehingga ketika hujan, air tidak akan menggenangi lingkungan sekitar kandang serta menjadi sarang nyamuk.
  • Anda harus mengutamakan lokasi yang banyak ditumbuhi rumput karena pada dasarnya ayam suka dengan rumput sebagai makanan pengganti serat untuk mereka.
  • Pastikan arah kandang ayam mengarah ke sinar matahari dan sejalur dengan arah angin.
  • Lokasi ternak ayam harus dipagari dengan pagar permanen menggunakan batu bata dan juga semen.
  • Namun jika anggaran Anda tidak cukup, pagar bisa dibuat dari kawat dan juga bambu.

Perhatikan pemberian pakan dan perawatan bibit ayam

ternak ayam bangkok

Biarkan indukan mengerami telur sampai menetas. Setelah telur menetas, kemudian pisahkan bibit ayam dari indukannya. Rawat bibit ayam dengan baik supaya dapat menghasilkan ayam yang unggul dan jago bertarung.

Selanjutnya yang Anda harus perhatikan kemudian adalah cara merawat anak ayam yang sudah dihasilkan. Pakan menjadi komponen penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kualitas ayam. Beberapa peternak memiliki anggapan bahwa pada usia anak ayam 1 sampai dengan 2 hari, anak ayam sebaiknya cukup diberi air saja.

Pada usia tersebut kebutuhan nutrisi anak ayam masih bisa terpenuhi oleh nutrisi dari kuning telur yang masih menempel di bulu – bulu mereka. Akan tetapi lewat dari usia tersebut, pemberian pakan berupa pur bisa diberikan dengan intensitas yang lebih banyak.

Berikan suplemen tambahan kepada anak ayam bangkok

Ternak ayam bangkok di rumah

Anak ayam Bangkok dapat Anda beri pakan dengan komposisi pakan yang berbeda. Pakan untuk anak ayam berupa campuran dari pakan susu bubuk untuk bayi dan pur dengan perbandingan 1 : 5. Campuran ini penting untuk proses pertumbuhan tinggi, bulu dan badan anak ayam.

Pencabutan bulu bibit ayam Bangkok

Bulu yang tumbuh terlalu lebat akan menghabiskan porsi gizi dari asupan makananya. Jadi sebaiknya peternak mencabut sebagian bulu ayam Bangkok ketika usianya sudah mencapai 3 minggu. Anda hanya perlu memotong bulu di bagian sayap atau ekornya.

Kemudian di usia 2 bulan, Anda cabut  bulu yang mengalami kerontokan di bagian leher dan punggung. Pencabutan bulu ini harus dilakukan untuk membantu mengoptimalkan serapan dari makanan dalam proses perkembangan ayam.

Simak juga pembahasan kami lainnya :

Anakan harus diberikan perawatan secara intensif

Masa perawatan anak ayam dari awal sampai usia 6 bulan baiknya harus Anda pelihara didalam kandang saja. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari hilangnya energi dari ayam karena mereka terlalu banyak bermain.

Seharusnya energi bisa dipakai untuk pertumbuhan tubuh si anak ayam namun karena terlalu banyak bermain, energinya akan hilang. Karena itu jika Anda tetap ingin membiarkan si anak ayam mendapat kesempatan bermain, berikan waktu hanya sekitar 30 menit setiap harinya. Jangan terlalu lama dibiarkan bermain.

Itulah cara memperlakukan anak ayam yang sudah berhasil menetas. Anda yang tertarik beternak ayam Bangkok, ide ternak ayam Bangkok di belakang rumah seperti tips dan trik diatas dapat Anda jalankan. Selamat budidaya ayam Bangkok! Semoga sukses!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...