Panduan Bisnis Ternak Untung

Panduan Sukses Ternak Ayam Kalkun Pemula

banner

bosternak.com – Panduan Sukses Ternak Ayam Kalkun Pemula meliputi bibit, kandang, makanan, perawatan. Bisa dilakukan di rumah meski lahan sempit. Sangat penting anda ketahui sebelum memulai bisnis ini.

Ternak Ayam Kalkun Pemula

Ternak Ayam Kalkun Pemula

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, kegiatan berternak merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga. Hal ini membuktikan bahwa sebagian masyarakat Indonesia lebih memilih pekerjaan yang berkaitan dengan budidaya karena luasnya lahan yang terdapat di Indonesia. Beberapa masyarakat memilih untuk membudidayakan ayam, biasanya yang banyak di budidayakan adalah ayam jenis pedaging karena banyaknya permintaan pasar yang semakin tinggi.

Namun seiring berjalannya waktu, akhir – akhir ini banyak dari masyarakat Indonesia yang memilih membudidayakan ayam kalkun, yang notabene ayam ini juga berjenis pedaging tetapi harga daging yang di tawarkan sangat tinggi. Itulah salah satu alasan mengapa benyak dari masyarakat Indonesia beralih untuk ternak ayam kalkun.

Mengenal Apa Itu Ayam Kalkun

Ayam kalkun merupakan salah satu jenis unggas yang memiliki penampilan menarik serta postur tubuh yang besar. Bahkan panjang sayapnya mencapai 1,5 hingga 1,8 meter jika di rentangkan. Ini adalah ciri khas yang akan mempermudah seseoang untuk mengenali ayam kalkun. Ayam kalkun sendiri sebenarnya memiliki beberapa jenis yang biasa di jumpai di alam bebas. Selain dagingnya yang memiliki harga tinggi, telur dari ayam kalkun pun harganya terbilang cukup tinggi jika masuk di ranah pasar besar.

Lalu bagaimana cara merawat / berternak ayam kalkun bagi pemula ? penasaran ? yuk ikuti langkah – langkah di bawah ini.

Panduan Sukses Ternak Ayam Kalkun Pemula

Ternak Ayam Kalkun Pemula

 

Setiap ingin melakukan suatu bisnis tertentu, haruslah menyiapkan beberapa keperluan awal untuk menunjang proses kegiatan bisnis selanjutnya agar tidak terhambat. Terutama jika ingin berbisnis di lingkup peternakan. Banyak persiapan yang sudah harus siap sedia ketika ingin berternak hewan.

Persiapan Modal Awal Ternak Ayam Kalkun

Modal awal dalam berbisnis itu sangat penting, salah satunya jika ingin berternak ayam kalkun ini. berternak ayam kalkun ini bisa di bilang modal awalnya cukup murah di bandingkan dengan bisnis lainnya mengingat keuntungan yang di peroleh nanti sangat tinggi dan tidak butuh waktu lama untuk membalikkan modal awal.

Dasar perhitungan modal awal ini tergantung dari pebisnis itu sendiri. Jika ingin bibit yang berkualitas maka biaya yang di keluarkan pun sedikit tinggi tetapi modal tersebut akan kembali dan melebihi omzet jika cara ternaknya di lakukan sesuai dengan prosedur yang baik.

Tahap Pemilihan Bibit Ternak Ayam Kalkun yang Baik

Bibit Ternak Ayam Kalkun

Poin penting yang harus di lakukan adalah memilih bibit unggul indukan ayam kalkun. Karena untuk menghindari adanya ayam kalkun yang tumbuh nanti dalam keadaan cacat atau mengalami penyakit / gen lemah ketika memilih bibit yang kurang berkualitas. Hal ini perlu di jadikan perhatian karena jika sudah salah sejak awal akan mempengaruhi omzet yang di dapat nantinya dan bahkan hal terburuknya adalah pebisnis mengalami kerugian jika jumlah ayam kalkun yang sehat tidak sebanding dengan ayam yang mengalami cacat.

Cara memilih bibit yang unggul ini bisa di lihat dari postur tubuh ayam, memiliki badan tegap, terlihat sehat, lincah dan tidak ada cacat. Serta memiliki nafsu makan yang tinggi dan memiliki warna kotoran yang normal, tidak berwarna putih / hijau. Yang paling penting berbadan gemuk dan gesit.

Survey Lokasi yang Tepat Penangkaran Ayam Kalkun

Ayam kalkun yang berkualitas dapat di lihat dari berbagai faktor salah satunya dengan cara pebisnis menentukan lokasi yang tepat sebagai tempat penangkarannya. Ciri – ciri lokasi yang tepat untuk berternak ayam kalkun adalah sebagai berikut :

  • Karena rentan stress, lokasi penangkaran sebaiknya jauh dari pemukiman atau jauh dari keramaian.
  • Lokasi yang di pilih jauh dari gangguan binatang lain yang dapat merugikan, seperti jauh dari ular yang biasanya suka menyelinap di kandang dan memakan ayam.
  • Mendapat sinar matahari langsung untuk menghindari kelembaban kandang dan terhindar dari bakteri yang mendatangkan penyakit pada hewan ternak.
  • Suhu udara di sekitar lokasi normal
  • Dekat dengan daerah penangkaran yang terdapat banyak tumbuhan sebagai pakan alami untuk hewan ternak.

Tahap Persiapan dan Pembuatan Kandang Ayam Kalkun

Kandang merupakan hal yang utama untuk di persiapkan sebelum melakukan proses ternak ayam kalkun. Karena kandanga merupakan tempat tinggal dan berkembangnya ayam kalkun jadi hsrus di buat se – nyaman mungkin. Meskipun ayam kalkun biasanya lebih suka bergerak bebas atau menggunakan sistem umbaran, namun tetap saja ayam – ayam tersebut harus memiliki tempat tinggal, semisal hujan atau pada saat malam hari.

Berikut ini merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan kandanga yang tepat bagi ayam kalkun, diantaranya yaitu :

  • Menghadap timur atau barat agar terkena sinar matahari langsung
  • Membangun kandang dengan model yang mudah di bersihkan agar sanitasi dalam kandang lebih terjaga
  • Ruangan yang terdapat di dalam kandang harus memiliki ventilasi udara serta luas agar ketika ayam kalkun masuk kandang masih bisa bergerak bebas.
  • Dalam kandang di buat sistem petak atau ada batasan sehingga memudahkan anda membedakan ayam kalkun berdasarkan umur dan jenisnya.
  • Atap yang di bangun harus kokoh dari hujan dan serangan hewan lainnya

Jenis Pakan Ayam Kalkun yang Tepat

pakan ternak kalkun

Ada banyak faktor yang menjadikan ayam kalkun terhambat perkembangannya, salah satunya dari teknis atau cara pemberian pakan. Permberian pakan harus di lakukan secara rutin dan optimal. Makanan pabrikan biasanya di berikan untuk ayam kalkun yang masih berumur di bawah 14 hari, makanan tersebut di campur dengan air yang berguna untuk memudahkan Peranakan ayam kalkun memakannya. Sedangkan ayam kalkun dewasa biasanya di berikan pakan dari sisa makanan atau dari persawahan.

Pemberian waktu makanan yang teratur dapat membuat pertumbuhan ayam kalkun sehat dan tidak kekurangan nutrisi. Maka dengan menjaga kualitas pakan yang di berikan pada ayam kalkun maka hasil yang akan di dapatkan nantinya juga akan bekualitas bagus.

Simak pembahasan kami lainnya :

Cara Perawatan Ayam Kalkun yang Baik dan Benar

Perawatan pada kalkun itu sangat penting terutama basic carenya. Basic care harus di lakukan dengan cara yang tepat dan berhati – hati. Dalam merawat ayam kalkun yang berumur kurang dari 70 hari, harus memperhatikan tingkat kehangatan atau suhu di dalam kandang, suhu optimal yang biasa di setting antara 30 – 45 derajat celcius dan memberikan nutrisi yang pas sesuai dengan umurnya.

Selanjutnya medium care di peruntukkan bagi ayam yang berumur di atas 70 hari. Pada usia ini ayam kalkun tidak butuh kehangatan terlalu banyak hanya saja ruangan dalam kandang di perluas untuk memudahkan ayam kalkun bergerak bebas dan tidak stress.

Yang terakhir yaitu advance care atau perawatan tingkat lanjut. Perawatan ini di lakukan bagi ayam yang sudah memasuki umur 6 bulan ke atas. Biasanya di lakukan pemisahan kandang antara pejantan satu dengan pejantan lainnya untuk menghindari perkelahian dan mengalami luka atau bahkan sampai mati. Sedangkan ayam betina yang telah matang atau siap untuk kawin dapat di lihat dari caranya yang selalu terlihat menunduk. Ayam betina siap kawin pada umur 8 bulanan dengan bobot 7 sampai 8 kg.

Nah itulah beberapa informasi singkat mengenai cara berternak ayam kalkun bagi pemula. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...