Ternak Untung

Ternak Ayam Petelur Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Sumbar

banner

Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy mengatakan prospek bisnis ternak ayam petelur Tingkatkan ekonomi Masyarakat Sumbar

Bosternak.com– Menurut Wakil GUbernur Sumatra Barat Audy Joinaldy, Konsumsi telur masyarakat Indonesia terbilang tinggi yaitu 120 butir perkapita pertahun, hal ini tentu saja akan terus meningkat dari tahun ke tahun. tentu saja hal ini adalah satu prospek bisnis yang menjanjikan untuk para peternak ayam petelur. Karena jika dibandingkan dengan malaysia masih terbilang kalah jauh yaitu sebanyak 330 butir perkapita pertahun.

“Artinya konsumsi telur sangat mungkin akan terus tumbuh,” kata Audy saat meresmikan Koperasi Rancak Basamo Kayutanam peternak ayam petelur di Kabun Dotor Kayu Tanam, Kecamatan 2X11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (16/6).

Audy mengungkapkan, sebelum menjadi wakil GUbernur beliau adalah pebisnis unggas di INdonesia bagian timur. Menurut dia, telur ayam adalah salah satu sumber protein hewani yang paling murah harganya per  gram jika dibandingkan dengan tahu, tempe, Ikan apalagi daging.

Ia mengatakan Sumbar adalah penghasil ayam ternak terbanyak urutan 14 dibawah Sulawesi Selatan dengan 14 juta ekor populasi. Jika diibaratkan pertumbuhan konsumsi telur 10 butir perkapita pertahun maka akan dibutuhkan produksi sebanyak 2,1 milyar pertahun.

“Telur juga berpotensi untuk memerangi stunting sehingga usaha peternakan ayam telur patut untuk didukung perkembangannya,” ujar Audy.

Lima Puluh Kota dan Payakumbuh merupakan sentra penghasil ayam petelur di wilayah SUmbar, mengikuti dibelakangnya adalah Tanah datar, Sijunjung dan Padang Pariaman.
Ia juga mendukung penuh para peternak tergabung di dalam koperasi yang memiliki asas kekeluargaan. Dalam koperasi para peternak bisa saling belajar dan menguatkan bahkan bisa mendapatkan bantuan.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...