Panduan Bisnis Ternak Untung

Sukses Ternak Ayam Rumahan Menjadi Ladang Bisnis

banner

bosternak.com – Jangan Khawatir kalo modal cekak, ibu ibu bisa Sukses Ternak Ayam Rumahan Menjadi Ladang Bisnis. Bisa ayam joper, kampung, petelur, potong, atau bangkok. Yang penting ada niat dan usaha Insyaallah pasti berhasil

Ternak Ayam Rumahan

Saat ini banyak masyarakat yang lebih berminat menjadi wirausahawan dari pada seorang pekerja kantoran. Hal tersebut dikarenakan, waktu yang digunakan untuk para pembisnis lebih fleksibel daripada pekerja kantoran. Namun, tidak sedikit dari mereka yang bingung mengenai bagaimana cara memulai suatu usaha. Bahkan banyak juga yang bingung memikirkan jenis usaha apa yang tepat dan menguntungkan. Apakah Anda juga salah satunya? Jika iya, maka tidak perlu khawatir karena di sini kami akan memberikan beberapa cara untuk memulai bisnis yang tepat untuk dilakukan di rumah.

Salah satu bisnis yang dapat dilakukan di rumah dengan prospek yang bagus adalah ternak ayam rumahan. Meskipun, bisnis yang satu ini kerap kali disepelekan banyak orang. Padahal jika bisnis ini dilakukan dengan tepat maka akan sangat menguntungkan. Agar lebih paham mengenai bisnis yang satu ini,  maka disini akan kami ulas terlebih dahulu mengenai apasih keunggulan ternak ayam rumahan? Yuk simak terus artikel ini ya!

Keunggulan Ternak Ayam Rumahan

Keunggulan Ternak Ayam Rumahan

Usaha ternak ayam rumahan mempunyai banyak keuntungan. Untuk itu agar Anda tidak ragu memulai bisnis ini pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui keuntungan atau keunggulannya. Sehingga Anda dapat memulai bisnis ternak ayam dengan penuh keyakinan. Kira – kira apa keunggulan yang akan diperoleh saat ternak ayam rumahan? Beberapa keunggulannya antara lain sebagai berikut :

·         Waktu Lebih Fleksibel

Membuka bisnis di rumah memang merupakan suatu hal yang tepat jika Anda tidak ingin jauh dengan keluarga. Karena waktu yang Anda perlukan untuk ternak ayam sangat fleksibel dan bisa Anda lakukan sembari bersantai. Sehingga Anda masih bisa menyempatkan waktu untuk keluarga dan berbisnis ternak ayam.

·         Mampu Mengawasi Secara Optimal

Selanjutnya, jika Anda membuat kandang untuk ternak ayam di sekitar rumah Anda maka pengawasan bisa dilakukan secara optimal. Karena ternak ayam memerlkan pengawasan yang tepat agar terhindar dari penyakit yang menyerang.

·         Hemat Biaya

Membuat peluang usaha di sekitar rumah adalah salah satu cara untuk menekan pengeluaran. Karena dengan membuat kandang ayam di sekitar rumah Anda bisa menggunakan lahan belakang rumah atau samping rumah Anda yang tidak terpakai. Sehingga tidak perlu mencari tempat baru yang pastinya membutuhkan biaya ektra.

Itulah tiga keunggulan membuka bisnis ternak ayam rumahan, pastinya dengan ketiga keunggulan tersebut akan semakin mempermudah Anda dalam menjalankan usaha ini. Lalu ternak ayam jenis apa yang cocok untuk dilakukan di rumahan? Untuk itu berikut akan kami berikan beberapa rekomendasi jenis ternak ayam rumahan yang potensial.

Jenis yang Potensial Ternak Ayam Rumahan

Jenis yang Potensial Ternak Ayam Rumahan

Terdap beberapa jenis ayam ternak yang potensial untuk Anda jadikan sebagai lading bisnis. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan modal atau kemampuan Anda. Untuk mempermudah Anda memilih jenis ayam yang tepat maka berikut ini akan kami jelaskan mengenai jenis yang potensial ternak ayam rumahan :

1.    Ternak Ayam Kampung Rumahan

Jenis ayam yang potensial untuk Anda jadikan lading bisnis yang pertama adalah jenis ayam kampung. Kenapa ayam kampung dianggap potensial sebagai ladang bisnis? Karena ayam kampung mempunyai citarasa yang gurih dan nikmat dibandingkan dengan ayam pedaging. Sehingga jenis ayam ini banyak dipilih masyarakat untuk dikonsumsi. Oleh karena itu pastinya jika melakukan ternak ayam kampung sangat mudah untuk melakukan pemasaran. Harga DOC atau bibit ayam kampung adalah sekitar Rp 8.000 – Rp 10.000 per ekor tergantung dengan kualitas bibit tersebut.

2.    Ternak Ayam Petelur Rumahan

Jenis ayam yang potensial selanjutnya adalah ternak ayam petelur. Seperti yang kita ketahui pahwa permintaan telur ayam di pasaran tidak pernah ada habisnya. Pasalnya terdapat banyak jenis makanan yang menggunakan bahan dasar telur. Ayam petelur merupakan ayam betina biasa dewasa yang mampu menghasilkan telur secara terus menerus dengan hasil yang banyak. Sehingga bisnis ini merupakan bisnis yang sangat menguntungkan dengan pemasaran yang cukup mudah. Untuk harga DOC atau bibit ayam petelur polos adalah Rp 8.000 sedangkan untuk DOC ayam petelur super adalah Rp 11.500 per ekor.

3.    Terna Ayam Bangkok Rumahan

Ayam Bangkok juga merupakan salah satu jenis ayam yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai ladang bisnis. Terutama jika melakukan bisnis ini berdasarkan dengan hobi Anda, pastinya akan lebih menguntungkan. Seperti yang kita ketahui bahwa ayam Bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan karena mempunyai postur tubuh yang besar dan mempunyai mental tarung.  Harga anakan ayam Bangkok bibit unggul umur 2 minggu adalah Rp 100.000 – Rp 200.000 per ekor.

4.    Ternak Ayam Broiler Rumahan

Ternak ayam broiler atau ayam potong juga merupakan bisnis ternak yang potensial. Pasalnya saat ini permintaan ayam potong di pasaran sangat banyak. Selain itu jangka panen ayam broiler lebih cepat daripada jenis ayam lainnya. Ayam broiler sudah dapat Anda panen jika berat sudah mencapai 2kg. biasanya dengan berat 2kg waktu yang bisa Anda dapatkan adalah sekitar 30 hari saja. Sedangkan untuk harga DOC atau bibit ayam potong adalah Rp 5.000 per ekor.

5.    Ternak Ayam Jawa Super Joper Rumahan

Ayam jawa super joper merupakan salah satu ayam dengan kandungan gizi yang lebih bagus daripada ayam potong. Selain itu kandungan lemaknya juga lebih sedikit dari pada ayam potong. Sehingga permintaan ayam jawa super ini selalu meningkat setiap tahunnya. Terlebih lagi, saat ini di rumah makan atau restoran sudah menyediakan makanan dengan ayam jawa super. Kemudian untuk harga DOC atau bibit ayam joper adalah Rp 7.000 per ekor.

Kandang Praktis Ternak Ayam Rumahan

Kandang Praktis Ternak Ayam Rumahan

Setelah Anda mengetahui beberapa jenis ayam yang bisa di ternak, selanjutnya kami akan memberikan Anda beberapa tips untuk membuat kandang ayam yang praktis dan dapat Anda terapkan di rumah. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat kandang ayam rumahan:

  • Membuat Atap Kandang

Pertama, hal yang perlu Anda perhatikan pertama kali untuk membuat kandang adalah atap kendang. Hal ini mejadi bagian terpenting karena digunakan sebagai pelindung dari cuaca panas maupun hujan. Untuk membuat atap ayam Anda bisa menggunakan bahan – bahan seperti terpal, seng, ijuk, asbes, dan lain – lain. Semua bahan tersebut sangat terjangkau dan terbukti kuat untuk menahan air dan terik matahari.

  • Dinding Kandang Ayam

Kedua, dinding kandang bagian ini merupakan komponen yang penting untuk kandang ayam. Untuk membuat dinding kandang Anda bisa menggunakan bilah bambu, anyaman bamboo, triplek, maupun kawat. Selain itu bahan – bahan tersebut bisa Anda jadikan sebagai pemisah antara kandang satu dengan kandang yang lainnya.

  • Lantai Kandang Ayam

Ketiga, lantai kandang ayam yang sering kali disepelekan oleh sebagian orang. Padahal lantai kandang juga merupakan hal yang perlu Anda perhatikan. Sebaiknya Anda mengecor lantai kandang ayam dengan semen untuk mempermudah sanitasi. Namun, apabila Anda rasa tidak memadai dapat menggunakan sebuk gergaji, kapur, dan sekam. Sehingga kandang ayam yang Anda buat bisa tetap bersih.

Pakan Istimewa Ternak ayam Rumahan

Pakan Istimewa Ternak ayam Rumahan

Selanjutnya hal yang perlu Anda perhatikan adalah memilih pakan untuk ternak ayam. Pilihlah pakan ayam yang berkualitas dengan memastikan zat yang terkandung di ternak tersebut. Zat terpenting yang harus terdapat di pakan adalah lemak, protein, karbohidrat, mineral, serta vitamin yang seimbang. Seperti yang kita ketahui bahwa pakan merupakan hal yang penting diperhatikan untuk ternak ayam. Karena Anda akan mendapatkan hasil ayam yang berkualitas dengan memberikan pakan yang tepat. jenis – jenis pakan ayam yang dapat Anda gunakan antara lain pollard, sorgum, dedak padi, singkong yang sudah diolah.

Simak juga pembahasan kami lainnya : 

Pemeliharaan Sampai Panen Ternak Ayam Rumahan

Setelah mengetahui jenis ayam yang potensial, pakan ayam yang istimewa, selanjutnya adalah pemeliharan ayam sampai masa panen. Patikan Anda memperhatikan faktor kebersihan kandang dan masalah pakannya. Hal tersebut perlu diperhatikan karena beberapa jenis ayam tidak mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lebih. Terutama ayam kampung, karena ayam jenis ini sistem kekebalannya lebih rendah dibandingkan dengan ayam pedaging maupun ayam petelur.

Jika Anda melakukan pemeriksaan kandang maupun gizi ayam secara rutin, maka ayam yang Anda ternak akan cepat berkembang. Setelah bobot dan waktu dirasa cukup selanjutnya adalah menjual hasil dari ternak ayam. Sebelum menjual ayam yang sudah siap  dijual pastikan Anda melakukan pemilihan ayam yang tepat. Anda dapat memilih ayam  yang jarang bertelur, karena Anda dapat menggunakan induk ayam dengan kualitas yang baik untuk mendapatkan bibit unggul.

Itu dia penjelasan tentang cara ternak ayam rumahan yang bisa Anda coba jadikan sebagai ladang bisnis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Salam sukses!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...