Panduan Bisnis Ternak Untung

Jenis Ternak Ayam Rumahan Untung Banyak

banner

bosternak – Jika di rumah Anda kebetulan ada lahan kosong dan ingin Anda manfaatkan untuk ternak, Anda bisa ternak ayam rumahan. Ternak ayam rumahan tentunya menjadi salah satu ide bisnis ternak yang sangat menguntungkan.

Cara menjual hasil ternak Anda tidak akan sulit karena ayam merupakan komoditi pangan yang paling banyak dicari bahkan setiap harinya. Ayam merupakan hewan yang bisa menghasilkan dua bahan pangan yaitu telur dan daging.

Keduanya merupakan bahan pangan yang tidak pernah dilupakan orang. Karena itu menjalankan bisnis yang satu ini termasuk ide yang sangat menguntungkan untuk Anda segerakan. Lantas apa sajakah jenis ayam yang direkomendasikan untuk diternak karena cara ternak yang mudah dan potensi keuntungan yang besar diberikan?

Jenis Ternak Ayam Rumahan Agar Untung Banyak 

Ayam Hibrida

Ayam hibrida

Ayam hibrida sebenarnya merupakan jenis ayam rumahan yang banyak diternak dan dikenal dengan jenis golden comet atau ayam petelur. Di kampung banyak ternak ayam rumahan jenis ini karena ayam ini tidak susah bertelur.

Terlebih tata cara perawatannya juga sangat mudah. Ayam hibrida memiliki bobot sampai dengan 2 kg. Walau tidak seberat ayam broiler, akan tetapi ayam petelur ini juga menghasilkan daging yang lebih enak dibandingkan dengan daging ayam broiler.

Karena itu banyak orang yang mengatakan kalau ingin ternak yang komplit, ternak ayam rumahan dari jenis ayam hibrida saja karena selain bisa menghasilkan telur juga bisa menghasilkan daging. Di wilayah Indonesia, peternak banyak yang memilih ayam petelur hibrida untuk dibudidayakan.

Tubuh jenis ayam ini warnanya emas dan cokelat dengan ekor yang berwarna putih. Jenis ayam ini bisa bertelur sebanyak 280 butir setiap tahun dengan warna telur cokelat dan memiliki ukuran yang cenderung sedang.

Ayam ras rhode island red

Ayam ras rhode island red

Ayam rhode island red merupakan jenis ayam yang biasa diternak atau dipelihara untuk kebutuhan telur dan daging. Ayam ini merupakan jenis ayam yang berasal dari Amerika Serikat dan merupakan keturunan ayam yang mampu beradaptasi dan kuat pada cuaca yang cenderung ekstrim.

Jenis ayam yang satu ini mampu memproduksi telur sampai dengan 250 butir pada setiap ekornya. Banyak pebisnis ayam yang juga memproduksi jenis ayam yang satu ini. Terlebih ayam ini tidak rewel dalam budidaya yang berlangsung.

Ayam lohman brown

Jenis ayam lohman brown merupakan jenis ayam rumahan yang banyak diproduksi oleh perusahaan Miltibreeder Adirama Indonesia. Ayam jenis ini memiliki ciri khas yaitu warna bulu cokelat caramel dengan bulu putih di sekitar leher dan di ujung ekornya.

Dalam ternak ayam lohman brown, ketika ayam berusia 8 minggu, ayam sudah bisa memproduksi telur yang banyak. Ayam lohman brown bahkan bisa memproduksi sampai dengan 300 butir telur per tahunnya. Ayam jenis ini cocok dijadikan sebagai ayam petelur karena produksi telurnya lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis ayam petelur yang lain.

Ayam hamburg

Jenis ayam hamburg merupakan ayam asli dari Jerman. Ayam hamburg merupakan ayam yang indah di pandang. Hal tersebut karena warna bulunya yang putih dengan bintik hitam yang indah. Namun dibalik keindahannya tersebut, ayam ini bukan ayam hias sehingga siap santap.

Ayam buras

Jenis ayam ini pertumbuhannya cenderung lambat. Ayam buras merupakan jenis ayam yang dapat mencapai berat ideal dalam kurun waktu yang cukup lama. Berat ideal bisa didapatkan ayam buras dalam waktu 6 sampai 8 bulan. Jadi dalam satu tahun panennya hanya bisa dilakukan 2 kali saja maksimal.

Ayam strain ross

Jenis ayam strain ross merupakan ayam yang berasal dari persilangan bangsa ayam Cornish dengan ayam yang berasal dari Inggris. Ciri fisik DOC dari jenis ayam ini adalah warna bulu kuning. Jenis ayam ini memiliki keunggulan yaitu FCR yang efisien dengan laju pertumbuhan lebih cepat dan daya hidup yang lebih bagus. Jenis ini juga berfokus atas pengembangan kekuatan kaki sebagai penyeimbang berat badannya.

Ayam strain cob

Salah satu jenis ayam pedaging yang banyak dikembangkan di Indonesia adalah strain cobb. Sudah lebih dari 60 negara memanfaatkan jenis ayam ini sebagai bibit ayam broiler. Ciri fisik dari ayam strain cobb adalah terdapat DOC dengan bulu hitam diantara DOC yang berwarna kuning.

Ayam jenis ini punya banyak kelebihan. Salah satu kelebihan dari jenis ayam strain cobb adalah memiliki titik tekan pada perbaikan feed consumption rate (FCR).

Pengembangan genetiknya sendiri diarahkan pada pembentukan daging dada. Jenis ayam ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan tropis dan produksi yang cenderung efisien.

Simak juga pembahasan kami lainnya :

Anda yang ingin mendapatkan untung banyak, Anda bisa ternak ayam rumahan diatas. Anda bisa ternak ayam petelur atau ayam pedaging. Tentukan dulu tujuan Anda sebelum memutuskan memilih jenis ayam untuk di ternak.

Incoming search terms:

  • jenis ayam ternak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...