Panduan Bisnis Ternak Untung

Kunci Sukses Ternak Bebek Petelur Bagi Pemula!

banner

Bosternak.com – Kunci Sukses Ternak Bebek Petelur Bagi Pemula! Fahami dahulu Kandang, pakan, perawatan, resiko penyakit serta hal lain yang menyebabkan kegagalan. Simak pembahasan lengkapnya disini.

Membuka suatu bisnis atau usaha sendiri merupakan impian sebagian besar orang dalam mencapai target dalam hidup. Bisnis yang menjanjikan pun bertebaran dimana – mana, namun bagi anda para pecinta alam dan memiliki hobi memelihara peliharaan mungkin dengan bisnis atau membuka usaha ternak dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anda Karena pada dasarnya bekerja sesuai dengan hobi yang di sukai dapat memicu semangat meraih impian menjadi sukses.

Ternak Bebek Petelur

Ternak Bebek Petelur

Saat ini banyak berkembang bisnis ternak bebek petelur karena prospeknya sangat bagus dan menjanjikan. ternak itu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang karena itulah salah satu alasan mengapa banyak orang beralih berbisnis ternak selain keuntungan materi yang dapat di ambil. Sumber daya bebek yang paling sering di manfaatkan ketika di ternak adalah telur, daging dan kotorannya pun dapat di gunakan sebagai pupuk.

Selain itu, beberapa pebisnis lain juga ternak bebek hias namun ini hanya sebagian kecil saja. Yang paling umum di ternak adalah bebek yang dapat di manfaatkan telur dan juga dagingnya. Hal ini berbanding lurus dengan permintaan pasar yang membutuhkan daging dan telur bebek kian melonjak.

Tidak heran sebagian pebisnis memilih bebek petelur atau pedaging Karena cita rasa yang di hasilkan oleh telur maupun daging bebek memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan rasa daging dan telur lainnya. lalu bagaimana langkah awal untuk memulai usaha ini ?

Cara Ternak Bebek Petelur Bagi Pemula

Cara Ternak Bebek Petelur Bagi Pemula

Sebelum memulai bisnis, ada baiknya memikirkan persiapan segala kebutuhan untuk menunjang kelancaran dalam melakukan bisnis ternak nantinya. Nah apa saja persiapan yang harus di siapkan dengan baik ? yuk simak ulasan di bawah ini.

Kandang untuk Ternak Bebek Petelur

Kandang untuk Ternak Bebek Petelur

Kandang merupakan hal utama yang harus di persiapkan jika anda ingin memulai bisnis ternak bebek petelur. Kandang yang nyaman akan membuat produksi telur dari bebek akan semakin terjaga kualitasnya. Selain itu hal lain yang harus di perhatikan lagi ketika ingin membuat kandang adalah sebagai berikut:

  • Ruang Gerak Bebek yang Luas

Ruang kandang bebek ini adalah yang paling penting untuk di perhatikan karena bebek merupakan hewan yang kalau dalam hal makan dan minum tidak suka berdesak – desakan, lebih suka bergantian. Maka idealnya untuk ukuran kandang bebek adalah 1 meter bisa di isi oleh 2 bebek, begitupun kelipatannya. Hal ini di lakukan untuk tetap menjaga gerak bebas dari bebek agar tidak stress dan menghasilkan telur yang berkualitas. Selain itu dapat memudahkan anda ketika ingin mengambil telur pada pagi dan siang hari.

  • Penerangan Kandang Bebek

Penerangan pada kandang bebek juga sangat penting untuk menjaga dan mengawasi bebek jika penerangan yang di berikan cukup. Serta dapat membuat bebek merasa nyaman saat malam hari.

  • Suhu Kandang Bebek

Hal ini yang paling penting untuk dipikirkan karena akan sangat baik efeknya ketika anda memperhatikan suhu kandang bebek scara berkala. Suhu yang biasa digunakan para peternak untuk kandang bebek biasanya sama dengan suhu ruang lainnya berkisar antara 27 – 30 derajat celcius.

Membuat kandang bebek petelur ini dapat di akali dengan menghadapkan kandang tersebut kea rah timur atau barat sehingga udara dari sinar matahari dapat berganti masuk dalam kandang. Sinar matahari yang masuk ke dalam kandang dapat mencegah timbulnya penyakit dan menjaga kelembaban dari suhu di dalam kandang.

Pakan Ternak Bebek Petelur

Pakan Ternak Bebek Petelur

Sudah sangat wajib dan penting jika ingin berbisnis ternak harus menyiapkan kebutuhan pakan dari ternak tersebut. bagi bebek petelur makanan merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan karena sangat berpengaruh pada hasil panen telur nanti, semakin bagus kualitas makanan yang di berikan semakin berkualitas juga telur yang di hasilkan nanti.

Makanan bebek petelur yang biasa di berikan berasal dari beberapa campuran bahan yang terdiri dari ikan, ungags pedaging / petelur yang dicampur jadi satu kemudian di jadikan makanan bebek. Selain makanan tersebut para peternak biasanaya memberikan makanan selingan seperti dedak yang khusus untuk bebek.

Memilih Bibit Bebek Petelur yang Unggul

Setelah dua persiapan utama di atas, selanjutnya anda harus membeli bibit bebek yang unggul agar dapat menghasilkan telur – telur bebek yang berkualitas. Jenis bebek petelur yang ada di Indonesia ada banyak sekali, salah satunya yaitu bebek petelur dari tegal, bebek petelur alabio, bebek petelur  khaki campbell, bebek petelur dari Bali, bebek petelur dari Mojosari, dan jenis-jenis bebek petelur lainnya.

Jenis bebek unggul yang terkenal adalah bebek petelur hasil dari pengembangan Balai Penelitian Ternak (BPT) Ciawi, Bogor. Dalam memilih dan menentukan bibit yang unggul pada bebek, harus memperhatikan hal – hal berikut di bawah ini :

  • Membeli bibit telur bebek di tempat yang sudah dijamin kualitasnya
  • Memelihara induk betina dan induk pejantan untuk menghasilkan telur tetas sendiri yang berkualitas
  • Membeli day old duck (DOC) dari pembibitan yang sudah terkenal akan kualitas bibitnya serta mendapat rekomendasi dari dinas peternakan setempat

Simak juga pembahasan pak bos yang lain:

Resiko Penyakit pada Ternak Bebek Petelur

Penting untuk dilakukan sebuah cara untuk menghindarkan hewan ternak dari berbagai penyakit yang akan timbul. Hal ini juga harus di lakukan ketika anda memutuskan untuk ternak bebek petelur. Ciri – ciri yang paling umum yang biasa bebek tunjukkan ketika terserang suatu penyakit adalah nafsu makan menjadi hilang, jarang bersuara dan gerakannya lamban atau pasif. Berikut ini beberapa penyakit yang biasa menyerang bebek, diantaranya :

  • Penyakit berak kapur

Penyakit ini timbul karena kebersihan kandang kurang terjaga dengan baik. saat bebek mengalami penyakit ini biasanya kotorannya warna putih dan lengket seperti pasta. Untuk mencegah penyakit itu menyerang lagi, perlunya membersihkan kadang secara berkala, ketika bebek sakit, makanan dan minumannya harus di pisah dengan bebek lainnya yang sehat agar bebek lainnya tidak terjangkit penyakit yang serupa serta rutin memberikan vaksin.

  • Penyakit cacing

Penyakit ini sudah umum terjadi pada bebek petelur. Gejala yang ditimbulkan pada bebek biasanya bebek tidak nafsu makan, bulunya menjadi kusam, diare dan produksi telur menjadi kurang. Hal ini dapat di cegah dengan kebersihan kandang yang harus selalu terjaga, makanan dan minuman harus bersih dan memiliki sanitasi ruang yang bagus.

  • Lumpuh

Penyakit ini menyerang bebek petelur lantaran kurangnya konsumsi pada vitamin B. tanda yang kerap kali muncul pada bebek ketika di serang penyakit ini adalah kaki bebek menjadi bengkak dan bisa menjadi pincang serta lumpuh, terlihat ngantuk dan kadang mengeluarkan air mata yang berlebihan. Hal ini dapat di cegah dengan memberikan sayuran hijau dalam bentuk segar setiap hari.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan ketika ingin menjadi seorang pebisnis peternakan bebek petelur semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...