Panduan Bisnis Ternak Untung

Cara Efektif Ternak Bekicot di Kolam Beton

banner

Bosternak.com – Mungkin tak banyak orang yang tahu bahwa bekicot termasuk salah satu hewan yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah manfaat bekicot bagi kesehatan, baik untuk kesehatan tubuh atau kesehatan kulit wajah. Dengan semua manfaat yang ada dibaliknya, oleh sebab itu ternak bekicot sangat dianjurkan.

Kandungan daging bekicot

Bekicot

Protein yang terkandung sekitar 12 gram per 100 gram dagingnya.
Kandungan lain adalah lemak 1%, hidrat arang 2%, kalsium 237 mg, fospor 78 mg, Fe 1,7 mg serta vitamin B komplek terutama vitamin B2.

Dalam 100 gr daging bekicot kering antara lain terdiri atas leusin 4,62 gr, lisin 4,35 gr, arginin 4,88 gr, asam aspartat 5,98 gr, dan asam glutamat 8,16 gr.

Jelas baik utk pengobatan kekurangan Kalsium, baik utk persendian. Dan mengobati berbagai keluhan otot Dan nyeri syaraf.
Banyak dikonsumsi utk membantu mengobati pasien penderita Paru paru/ TBC- Asma – bronkithis.

Anda bisa menjadikan bekicot sebagai pelengkap kebutuhan kesehatan keluarga Anda sendiri atau bisa Anda jual karena potensi keuntungannya sangat besar. Bagi Anda yang tertarik untuk ternak , disini kami akan Cara Efektif Ternak Bekicot di Kolam Beton yang bisa Anda lakukan!

Cara Efektif Ternak Bekicot di Kolam Beton

Ternak Bekicot

Siapkan tempat budidaya bekicot

Sebelum Anda pelihara bekicot, tentukan dulu lokasi yang akan digunakan sebagai tempat budidaya. Budidaya bekicot tentunya tidak butuh lahan yang terlalu luas. Yang dibutuhkan hanya lahan dengan kondisi tanah kering, lembab, teduh dan memiliki suhu udara sekitar 25 sampai dengan 30 derajad celcius.

Kemudian setelah Anda tentukan dimana lokasi budidaya, selanjutnya siapkan kandang. Terdapat kurang lebih sebanyak 3 tipe kandang yang Anda bisa gunakan untuk memelihara bekicot. Ketiga tipe kandang yang Anda bisa manfaatkan tersebut diantaranya :

  • Kandang bekicot yang berupa kotak kayu. Anda bisa buat kandang model ini dari teriplek atau papan tipis yang diberi kaki. Tingginya mencapai 1,25 meter dengan panjang 1 meter dan lebar 1 meter. Kemudian di bagian atasnya bisa Anda beri kawat kasa supaya bekicot tidak kabur dari kandang.
  • Kandang bekicot dengan dinding semen. Jenis kandang ini berbentuk kotak seperti kandang bok kayu. Hanya di bagian dindingnya memanfaatkan semen dan di bagian dasarnya diberi tanah dengan ketebalan 30 cm yang kemudian diberi cacing untuk menjaga kelembabannya.
  • Kandang berupa galian tanah. Jenis kandang ini dibuat dengan cara menggali lubang ukuran 1 x 1 x 1 meter. Anda bisa pilih lokasi tanah kering dan berada di area bawah pohon untuk membuat kandang alami dari tanah ini.

Mendapatkan bibit calon induk

Jika Anda merupakan seorang pemula, mungkin Anda masih akan kesulitan untuk mendapatkan bibit bekicot. Nah, jika hal tersebut yang Anda alami, maka cara yang Anda bisa gunakan adalah memanfaatkan kekayaan alam. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan Anda mengumpulkan bekicot liar yang terdapat di sekitar area Anda. Biasanya bekicot liar tersebut dapat Anda temukan dengan mudah di lahan yang lembab dan sejuk seperti misalkan di kebun pisang, kebun kelapa, atau di area semak – semak.

Anda ambil bekicot yang kondisinya sehat dan tidak memiliki cacat secara fisik dengan berat sekitar 75 sampai dengan 100 gram.

Perhatikan metode pembibitan bekicot

Tak semua jenis bekicot dapat dibudidayakan. Ada dua jenis bekicot yang dapat dibudidayakan yaitu bekicot jenis Achatina fulica dan Achatina Variegata. Untuk jenis bekicot Achatina fulica memiliki garis di cangkangnya dan tidak terlalu mencolok.

Sementara untuk jenis Achatina Variegata memiliki warna garis di bagian cangkangnya yang terlihat jelas dan teksturnya tebal serta berbuku – buku. Keduanya dapat dengan mudah ditemukan di kebun sekitar rumah. Akan tetapi jenis Achatina fulica merupakan jenis yang paling banyak digemari dan paling mudah dijumpai saat ini. Banyak orang yang budidaya jenis tersebut.  

Pahami masa reproduksi bekicot

bekicot di kolam beton

Biasanya bekicot mulai dikawinkan pada usia 6 sampai dengan 7 bulan. Ketika akan melalui proses perkawinan, bekicot betina akan mencari lingkungan yang dianggap aman untuk bertelur. Bekicot tidak butuh tempat khusus untuk bertelur. Biasanya mereka akan bertelur sekitar 50 sampai dengan 100 butir dengan ukuran telur tidak lebih dari 2 tahun.

Perhatikan proses kelahiran bekicot

Telur bekicot akan menetas ketika usianya sudah cukup. Proses penetasan telur tersebut akan berlangsung secara alami tanpa ditunggu oleh induknya. Telur bekicot yang baru menetas akan berbentuk anak cangkang.

Proses penetasan telur dalam budidaya bekicot sampai menjadi anak sangat dipengaruhi oleh kondisi tempat. Kondisi tempatnya lembab, dengan iklim dan cahaya yang cukup mempercepat proses penetasan. Sebaliknya, kondisi kandang yang tidak memenuhi syarat akan membuat telur bisa menetas lebih lama.

Upaya pemeliharaan dan perawatan bekicot

Pemeliharaan bekicot bisa dilakukan dengan dua cara yaitu melalui sistem pencampuran dan melalui sistem terpisah.

Pada sistem pencampuran, bekicot besar dan bekicot kecil tidak dipisahkan alias dicampur dalam satu kandang. Cara yang seperti ini dilakukan dengan tujuan untuk menghemat tempat karena tidak perlu banyak kandang.

Sementara pada sistem terpisah dilakukan dengan cara memisahkan bekicot yang kecil dengan bekicot yang besar. Jika budidaya atau ternak bekicot dilakukan dengan sistem terpisah, Anda butuh tempat khusus atau butuh kandang lebih dari satu.

Akan tetapi cara terpisah dalam budidaya bekicot memiliki keuntungan tersendiri yaitu perkembangan anak bekicot dapat dikontrol dengan tepat. Mengenai pakan anak bekicot, Anda bisa memberi pakan berupa ganggang atau lumut, pupus daun dan juga penambahan zat kapur. Kemudian untuk anakan yang usianya sekitar 2 sampai dengan 3 tahun baiknya Anda pindahkan ke kandang pembesaran.

Itulah cara efektif ternak bekicot di kolam beton yang Anda harus tahu dan pahami. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan inspiratif.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...