Panduan Bisnis Ternak Untung

Ternak Burung Puyuh Petelur di Belakang Rumah

banner

bosternak – Bagi Anda yang tertarik untuk memanfaatkan area di belakang rumah untuk melakukan aktivitas budidaya atau ternak, maka ternak burung puyuh petelur sangat direkomendasikan untuk Anda.

Ternak Burung Puyuh Petelur

Ternak Burung Puyuh Petelur

Burung puyuh petelur merupakan jenis burung puyuh yang dapat menghasilkan telur dimana telur dari burung puyuh ini banyak disukai orang.

Mengingat ada banyak orang yang suka dengan telur puyuh, karena itu permintaan pasar atas telur puyuh juga meningkat. Dengan Anda melakukan budidaya burung puyuh, tentu saja Anda bisa menjadi pemasok yang menyediakan telur puyuh untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Agar ternak burung puyuh petelur yang Anda lakukan berhasil, tips dan trik budidaya burung puyuh petelur berikut ini harus Anda pahami dulu!

Ternak Burung Puyuh Petelur di Belakang Rumah

kandang burung puyuh petelur

Siapkan kandang burung puyuh petelur

Dalam ternak burung puyuh petelur, yang pertama – tama perlu Anda siapkan adalah kandangnya. Kandang menjadi faktor yang sangat penting untuk beternak karena kandang akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan serta produktivitas burung puyuh Anda.

Karena itu pembuatan kandang harus dibuat sebaik mungkin supaya burung puyuh merasa aman dan nyaman. Ketika burung puyuh petelur merasa aman dan nyaman, maka ia akan mampu tumbuh dan berproduksi secara maksimal.

Tata letak kandangnya juga sebaiknya diatur di tempat yang terkena sinar matahari pagi sehingga kandangnya tidak berada dalam kondisi yang cenderung lembab. Temperatur dari kandang juga harus dipastikan ideal yaitu berkisar antara 20 sampai dengan 25 derajad celcius.

Kemudian tingkat kelembaban kandang juga perlu diperhatikan. Untuk kandang dalam ternak burung puyuh petelur, pastikan berkisar diantara 30 sampai 80% dengan tingkat penerangan di siang hari 25 sampai 40 watt. 

Perhatikan pemilihan bibit puyuh petelur

bibit puyuh Petelur

Setelah Anda persiapkan kandangnya, selanjutnya Anda harus mempersiapkan pemilihan bibitnya. Bibit yang bagus akan mendorong produksi telur secara maksimal dengan kualitas yang harus diperhatikan.

Dalam pemilihan bibit yang Anda juga harus tahu adalah pastikan Anda membeli bibit di tempat penjualan bibit yang sekiranya sudah terpercaya. Pilih bibit burung puyuh yang berada di masa produktif.

Bibit yang berada di masa produktif umurnya tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda juga. Umurnya kurang lebih sekitar 3 minggu karena umur tentu sangat berpengaruh atas hasil produksinya. Baiknya Anda hindari bibit yang sudah tua karena produksi telur yang dihasilkan cenderung sedikit dan kurang berkualitas.

Ciri – ciri bibit puyuh petelur yang berkualitas dan bagus

Puyuh petelur

Ada beberapa ciri bibit dari burung puyuh petelur yang bagus dan memiliki kualitas yang tinggi. Adapun ciri – cirinya meliputi :

  • Burung lincah dan aktif bergerak. Jika bibit yang akan dibeli diam saja, maka ada kemungkinan burung tersebut merupakan bibit burung yang terserang penyakit.
  • Bentuk tubuh dari burung sempurna, simetris dan anggota tubuhnya juga lengkap.
  • Warna burung cerah dan tidak kusam
  • Mengenai bibit yang dibutuhkan adalah bibit betina bukan bibit jantan
  • Setelah bibit didapat dan sebelum dilepaskan di kandang ternak, bibit harus lebih dulu disuntik dengan menggunakan vaksin ND (Newcstle disease atau tetelo supaya bibit tidak stress dan mencegah dari timbulnya penyakit atau mencegah resiko terserang penyakit.

Pastikan pemberian pakan dengan sebaik mungkin

Ternak Puyuh petelur

Pemberian pakan yang baik menjadi suatu kunci utama kesuksesan dalam beternak burung puyuh. Karena dengan memberi pakan yang berkualitas tentu hasil yang maksimal akan didapatkan. Pakan yang umum diberikan kepada burung puyuh petelur adalah pellet atau tepung remah. Pakan baiknya diberikan 2 kali dalam sehari. Pakan bisa diberikan di waktu pagi dan sore hari.

Jagalah suhu ruangan

Suhu ruangan kandang harus senantiasa dijaga supaya hasil produksi yang stabil didapatkan. Pastikan temperatur suhu ruangan kandang berkisar diantara 20 sampai dengan 25 derajad celcius dengan tingkat kelembaban kurang lebih sekitar 30 sampai 80%.

Supaya bisa tetap hangat, penerangan harus memadai. Penerangan untuk ternak burung puyuh bisa menggunakan lampu 25 sampai 40 watt di siang hari dan 40 sampai 60 watt di malam harinya. Pasang juga exsaus untuk mengurangi suhu udara panas ketika matahari sedang terik supaya suhu udara bisa tetap dalam kondisi stabil. Hal ini juga penting untuk membuang berbagai zat amoniak yang berlebih.

Simak pembahasan Kami lainnya: 

Lakukan sterilisasi dengan selalu menjaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang harus senantiasa diperhatikan agar burung yang diternak tidak mengalami stress. Kebersihan kandang sangat diperlukan untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri jahat. Caranya yang Anda bisa lakukan yaitu dengan membersihkan kotoran pada area penampungan setiap 3 hari sekali.

Selain berbagai hal yang sudah disebutkan diatas, pemeliharaan kesehatan burung di waktu panen dan pasca panen juga penting diperhatikan. Semoga informasi yang kami berikan diatas bermanfaat dan menginspirasi Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...