Panduan Bisnis Ternak Untung

Ternak Burung Puyuh Rumahan Prospek Bisnis Menjanjikan!

banner

bosternak – Ternak Burung Puyuh Rumahan Prospek Bisnis Menjanjikan! Istilah kata telur puyuh mungkin sudah tidak asing bagi masyarakat di Indonesia. Pasalnya telur ini memiliki ukuran yang kecil namun mengandung gizi yang cukup banyak dan seringkali di buru oleh ibu-ibu untuk memasak hidangan lezat di rumah. Tak banyak orang tau bahwa memelihara burung puyuh dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Dengan banyaknya permintaan pasar yang semakin banyak membutuhkan telur dan daging burung puyuh, Bisnis ternak ini akan sangat sukses ketika dapat mengelolanya dengan baik.

Burung Puyuh

Namun jika prospek yang di tawarkan bisnis ini sudah bagus akan tetapi pengeleloaan yang kurang baik, maka tidak akan menghasilkan apa – apa atau bahkan gagal. Dalam bisnis, tentu saja ada beberapa hal salah satunya resiko yang harus di terima ketitka kurang mampu mengelola bisnis yaitu mengalami kegagalan bisnis yang sedang di rintis. Lalu apakah ternak burung puyuh rumahan rentan dengan kegagalan bisnis? penasaran? yuk simak ulasan di bawah ini.

Kegagalan Ternak Burung Puyuh Rumahan

Setiap menjalani sebuah bisnis atau usaha tertentu pasti akan aada pasang surut dan suka duka dalam menjalaninya termasuk harus menanggung resiko kegagalan dalam bisnis. Yang umum di ketahui oleh sebagian orang adalah membuka bisnis ternak burung puyuh sudah banyak yang mendulang sukses, akan tetapi ada juga yang mengalami kegagalan sehingga harus menanggung kerugian yang cukup banyak. Namun itulah resiko bisnis. Nah, apa saja penyebab kegagalan dari ternak burung puyuh rumahan?

  1. Suasana kandang yang tidak nyaman

Penyebab yang satu ini bisa di bilang sangat penting karena perlu anda ketahui bahwa burung puyuh rumahan ini rentan mengalami stress jika suasana dan kondisi kandang tidak membuat nyaman burung puyuh. Burung puyuh ini sangat stress ketika mendengar bunyi – bunyi keras yang terdapat di sekeliling kandangnya. Jika hal ini sampai terjadi maka daya tahan tubuh burung puyuh akan menurun dan bahkan riskan untuk mati.

  1. Kebersihan kandang yang tidak terjaga

Berbicara tentang kebersihan tentu saja jika tidak di jaga dengan sangat baik maka akan berakibat fatal bagi para peternak. Hal ini sangat merugikan peluang bisnis. Jika kebersihan kandang dari Burung puyuh yang rentan stress ini tidak terjaga otomatis akan mempengaruhi kesehatan dari burung puyuh itu sendiri dan seringnya kasus yang berhubungan dengan kebersihan menjadikan kualitas yang di hasilkan dari ternak tersebut tidak bagus atau bahkan banyak hewan ternak yang mati.

 

  1. Jenis pakan yang tidak tepat

Jenis pakan burung puyuh harus di perhatikan Karena dapat emngakibatkan kualitas dari daging burung puyuh dan telur puyuh yang di hasilkan. Jika para peternak menggunakan jenis pakan murni untuk burung puyuh, maka tak dapat di ragukan lagi kualitas yang akan di hasilkan nanti, namun hal ini menjadi kendala karena jenis pakan murni terbilang cukup mahal, maka salah satu solusinya adalah dengan mencampur jenis pakan murni dan pakan lainnya tetapi tetap memperhatikan proporsi dari pakan tersebut agar sesuai.

  1. Pemberian vaksin yang tidak tepat

Setiap hewan ternak pasti membutuhkan sebuah vaksin agar tetap menjaga kesehatan hewan ternak tersebut sehingga tidak mudah terserang penyakit. Nah pada kasus ini, jika pemberian vaksin tidak tepat maka resiko yang harus di tanggung oleh peternak adalah mengalami kerugian karena banyak hewan ternak yang mati karena cara pemberian vaksin yang salah atau bahkan over dosis.

Jenis Ternak Burung Puyuh Rumahan

Ternak burung puyuh

Penyebab kegagalan – kegagalan diatas dapat di hindari ketika mampu mematuhi prosedur perawatan dari burung puyuh yang dapat menghasilkan kualitas bagus. Nah berbicara tentang burung puyuh, ada 2 jenis burung puyuh yang dapat di jadikan prospek bisnis, yaitu

Burung puyuh pedaging

Selain telur, ternak burung puyuh juga dapat di khususkan untuk menghasilkan daging burung puyuh saja yang berkualitas. Mungkin sedikit susah ketika bisnis ternak ini menginginkan kualitas daging dari burung puyuh karena beberapa faktor yang harus di jadikan pertimbangan juga.

Karena biaya yang harus dikeluarkan pun sangat banyak. Serta bururng puyuh masa hidupnya hanya berkisar 1,5 tahun, jika dalam rentang waktu yang singkat itu ketika tidak bisa menghasilkan kualitas daging yang bagus maka akan mengalami kerugian.

Burung puyuh petelur

Untuk jenis burung puyuh yang ini yang paling sering di ternak oleh beberapa pebisnis. Hal ini sudah sangat jelas alasannya, karena ternak burung puyuh petelur prospek bisnis jangka panjangnya bagus dan meskipun banyak pesaing tetap tidak menyurutkan permintaan pasar karena saking banyaknya permintaan pasar yang membutuhkan banyak telur burung puyuh ini. jangkan umur burung puyuh berkisar 1 sampai 1,5 tahun saja akan tetapi setiap satu ekor burung puyuh dapat menghasilkan 300 – 350 butir telur pyuh setiap bulannya.

Dari sini dapat di bayangkan berapa keuntungan yang dapat di peroleh jika perbulannya saja 1 ekor burung puyuh menghasilkan telur sebanyak itu. Maka tidak heran banyaknya peternak di sana lebih memilih untuk berternak burung puyuh rumahan karena selain keuntungan yang lumayan banyak, perawatan yang di lakukan pun tidak banyak mengeluarkan biaya.

Kandang Efektif Ternak Burung Puyuh Rumahan

Kandang merupakan hal yang paling utama jika ingin memulai bisnis ternak. Kandang yang efektif bagi burung puyuh adalah membuat kandang yang jauh dari keramaian karena sesuai penjelasan di atas burung puyu rentan terhadap stress.

Hal ini terdengar sepele tetapi sangat penting bagi kesehatan burung puyuh. Setiap masalah pasti akan ada solusi, biasanya para peternak mengakali kebisingan yang terdapat di sekitar kandang adalah dengan mennghidupkan musik penenang yang biasa di putarkan melalui radio atau MP3 khusus suara dengan suasana yang hangat. Karena dalam beternak burung puyuh yang di hasilkan tentu saja tidak hanya dari telurnya saja, akan tetapi kualitas daging puyuh dewasa pun juga harus bagus.

Selain itu, kandang efektif dapat di ciptakan ketika kandang yang di buat selalu terjaga kebersihannya. Untuk menghasilkan burung puyuh yang berkualitas, banyak faktor yang menentukannya. Salah satunya dengan menjaga kebersihan kandang. Nah untuk solusi dari permasalahan yang satu ini, para peternak mulai menggunakan kandang sistem battery, dimana sistem ini dapat mempermudah para peternak dalam mengontrol kebersihan kandang.

Pakan Jos Ternak Burung Puyuh Rumahan

Pakan yang berkualiatas yang di berikan pada ternak akan menghasilkan ternak yang unggul pula. pada burung puyuh ini, jenis pakan jos yang dapat di berikan antara lain :

Jangkrik

Sudah menjadi hal umum jika burung selalu di beri pakan berupa jangkrik, hal ini diberikan agar nutrisi yang terdapat pada jangkrik bisa diserap oleh burung puyuh.

Kroto

Salah satu pakan yang jos di gunakan para peternak untuk memenuhi kebutuhan pakan burung puyuh agar tetap sehat dan menghasilkan telur yang bagus.

Voer

Pakan yang satu ini sudah banyak dipakai oleh peternak burung dimanapun karena voer ini bagus dan kandungan nutrisinya sangat banyak.

Pemeliharaan Ternak Burung Puyuh Rumahan

Untuk ternak burung puyuh, pemeliharaan yang dilakukan cukup mudah dan tidak terlalu ribet seperti ternak burung lainnya, diantaranya yaitu :

  1. Pemeliharaan kandang yang optimal

Kandang adalah tempat utama burung puyuh tinggal. Untuk itu kebersihannya perlu di jaga agar memperoleh hasil panen yang berkualitas. Perlunya sanitasi dan ventilasi pada kandang membuat kandang menjadi lebih sehat serta terjaga kelembabannya. Idealnya pembersihan kandang di lakukan dalam 1x dalam 1 minggu.

  1. Pemeliharaan kesehatan

Dengan memberikan pakan yang berkualitas, panen burung yang dihasilkan menjadi berkualitas dan tidak di ragukan lagi dipasaran, selain itu burung harus diberikan vaksin yang bagus agar terhindar dari penyakit dan tetap sehat ketika telah siap di panen. Maka secara tidak langsung hal ini akan menjadikan peluang bisnis yang tidak akan pernah mati atau selalu berkembang karena tingginya permintaan pasar yang menginginkan burung puyuh berkualitas bagus.

Baca juga pembahasan kami lainnya :

Sukses Ternak Burung Puyuh Rumahan

Berbicara tentang ternak burung puyuh, Andri Warliyansyah salah satu warga desa asal cilengkrang adalah seorang peternak muda yang sukses menjalankan bisnisnya berternak burung puyuh. Pria lulusan SMK ini memulai bisnisnya ketika lulus SMK, ketertarikannya pada bisnis ternak ayam ini dimulai ketika mengetahui tingginya omzet yang dihasilkan dalam 1 bulan. Dengan modal awal 15 juta dia memulai bisnis ternak, pada tahun 2012 sempat mengalami bangkrut lalu tahun 2013 mencoba bangkit kembali dan sampa sekarang ia memiliki omzet 30 juta per bulan tergantung tingginya permintaan burung puyuh di pasaran.

Itulah informasi tentang prospek bisnis burung puyuh. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • ternak puyuh petelur rumahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...