Panduan Bisnis Ternak Untung

100% Terserap Pasar, Ternak Merpati Potong Pasti Untung

banner

Bosternak.com – 90% Penjual Pecel Lele Lamongan di seluruh Indonesia mencantumkan menu Burung Dara, tapi hanya 5% – 10% yang menyediakan. Karena tidak ada pasokan dari pelaku ternak Merpati Potong

Ternak Merpati Potong Pasti Untung

Ternak Merpati Pedaging

Ga pake Basa basi, di awal Pak bos sudah memberikan potensi pasar yang sangat terbuka lebar. Ga main-main, Lalapan Burung dara memang sangat terkenal di seluruh Indonesia terutama di populerkan oleh para perantauan yang menjual pecel lele Lamongan. Tidak hanya di warung tersebut, olahan Burung dara juga ditawarkan di restoran-restoran terkenal, Hotel Berbintang dengan berbagai aneka olahan diantaranya Burung dara Goreng Mentega, Asam Manis, bahkan untuk masakan China memiliki menu Khusus yaitu Sup Obat yang memiliki khasiat penyembuhan dari dalam tubuh. Kaya akan kandungan Protein Hewani, Rendah lemak, porsi penghidangan yang cukup ( 1 porsi/1 ekor) menjadikan hidangan masakan ini sangat digemari oleh masyarakat.

Para penjual olahan makanan tersebut memiliki 1 masalah yang sama, yaitu ketersediaan bahan baku pengolahan mereka. Meski tercantum dalam menu, tenyata hanya 5%-10% saja penjual Pecel Lele Lamongan yang menjual Lalapan Burung Dara. Mereka sangat kesulitan sekali Mendapatkan pasokan Bahan mentah burung dara yang masih muda, ukuran tubuh besar dan tentu saja kontinyuitas ketersediaan barang.

Ternak Merpati Potong Solusi Lalapan Burung Dara

Sesuai pembahasan diatas, jenis olahan makanan ini sangat-sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, namun ketersedian barang yang tidak mencukupi lah yang menjadikan banyak penjual masakan harus gigit jari. Kebanyakan mereka menggunakan jenis Merpati lokal untuk mengolah masakannya yang memiliki beberapa kekurangan diantaranya :

  1. Daging sangat alot karena menggunakan Burung Afkir atau memiliki usia tua
  2. Ukuran tubuh yang cenderung kecil, Jika diolah menjadi masakan akan sangat menyusut

Jenis Merpati Potong Ideal Untuk Budidaya

American Giant Run

Merpati potong Giant Runt

Jenis merpati silangan melalui proses pembiakan selektif oleh para ahli Breeder Amerika yang membiakkan antara Rock Dove Pigeon (Columba livia) dengan Merpati Lokal. Jenis ini dikenal karena ukuran tubuh yang besar yaitu tinggi sekitar 40 cm, berat karkas diatas 0,7 kg dan cepat untuk di panen.

Harga indukan pak bos pantau di Indonesia sekitar 6 juta – 9 Juta per ekor.  Namun untuk indukan super harga tersebut tentunya bukan masalah, karena bisa disilangkan dengan Jenis Merpati lokal

Homer King Pigeon

Homer King

Burang dara atau merpati yang memang di khususkan untuk produksi pedaging. Masakan China menggunakan jenis ini untuk proses memasaknya karena daging lebih lembut sehingga lebih mudah & cepat dalam proses memasak.

Jenis burung ini sangat populer di Indonesia sebagai penghasil daging Burung dara berkualitas. Homer King Dewasa atau indukan memiliki bobot 800 gr – 900 gr, sedangkan anakan siap panen memilki bobot 500 gr – 700 gr dengan lama pemeliharaan 30 – 45 hari. Harga indukan berkisar 100 ribu – 250 ribu , harga anak dijual kisaran harga 25 ribu per ekor

Merpati Lokal

Yang termasuk dalam kelompok ini adalah merpati balap, merpati tinggian, dan merpati pos. Untuk jenis lokal, ternak utamanya adalah sekedar hobi atau hias. Di jadikan Burung dara pedaging karena afkir Karena berfokus sebagai hewan ternak hobi maka perhitungan untung rugi tidak terlalu diperhatikan. 

Indukan memiliki bobot rata-rata 400 gr – 500 gr, sedangkan anak siap panen pada bobot 250  gr- 300 gr. Harga indukan berkisar 50 ribu – 75 ribu, harga anak dijual kisaran harga 10 ribu – 15 ribu.

Analisa Usaha Ternak Merpati Potong Biar Ga Rugi

Pak Bos yakin, yakin Pol jika diantara pembaca meragukan tulisan ini. Diantara pembaca pasti ngeroeng atau ngedumel : 

  1. Postingan di google selalu mengatakan tingginya permintaan Merpati Potong, tapi untuk peternak kecil seperti kami masih bingung harus memasarkan dimana, ujung2nya diambil tengkulak dengan harga rendah dan akhirnya rugi
  2. Yang ditulis itu cuman wacana dan memberi angin surga, kenyataan di lapangan jauh dari harapan. Harga Jual ga nutut jika di konversikan dengan pengeluaran pakan.

Pak Bos pancen mung bisone ngecap, mboten saget ngelakoni semua ternak yang pak bos tulis disini. Saya lebih baik Fokus pada satu ternak agar bisnis saya bisa berkembang dengan baik. Tapi Pak Bos memberikan solusi potensi Peternakan yang masih terbuka lebar di negeri ini. Untuk jawaban pertanyaan diatas :

  1. Eling bos, era globalisasi sudah sangat maju. Kalo pikiranmu masih sempit seperti itu, usaha apapun juga tidak akan berhasil. Ingat, tujuan akhir anda beternak adalah menjual hasil ternak. Tengkulak, bakul, makelar adalah salah satu market pasar penjualan ternak. Terjun langsung ke end user dalam hal ini Pedagang Lalapan, Restoran, Hotel. Dll. Tapi bos, serapan mereka itu kan sedikit ( lak mesti sampean nyeletuk ngene) !! lha, sampean pikir Tengkulak, bakul mau jualnya kemana ? Yo, perluasen daya serap pasarmu Bos. Belajarlah sambil jalan. Sampean kan menang punya barang, pasti menang di daya tawar
  2. Mangkanya, Bekali diri anda dengan terus upgrade ilmu pengetahuan terbaru. Hitung dengan teliti setiap pengeluaran untuk ternak, Hitung Analisa ternak Burung Dara Potong dengan baik agar mendapat untuk yang melimpah

Baca Juga pembahasan lengkap tentang 

Begini Cara Sukses Ternak Burung Merpati Yang Harus Anda Ketahui!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...