Panduan Bisnis Ternak Untung

Cara Benar Ternak Pleci Sistem Koloni

banner

bosternak.com – Banyak pertanyaan mampir ke bos, bagaimana sih bos Cara Benar Ternak Pleci Sistem Koloni, karena selama ini burung ini termasuk liar. Simak selengkapnya disini

Ternak Burung Pleci

 

Zosterops orang Barat menyebutnya. Burung liar yang memiliki kicauan kicauan unik. Di Indonesia para penggemar burung kicauan mulai eksplorasi pleci besar-besaran sejak awal tahun 2000an. Mulailah para kicau mania mencoba ternak budidaya pleci, banyak yang berhasil namun banyak pula yang gagal.  

Salah satu jenis burung yang memiliki kicauan unik adalah burung pleci. Burung ini termasuk ke dalam jenis burung yang punya ukuran sangat kecil. Dengan suara kicaunya yang unik, banyak orang yang ingin memelihara burung pleci di rumah karena itu permintaan burung pleci dari waktu ke waktu semakin tinggi.

Mengingat permintaan burung pleci yang dari waktu ke waktunya mengalami permintaan yang semakin tinggi, karena itu ternak pleci sangat direkomendasikan. Tak akan pernah ada ruginya ternak pleci terlebih jika Anda sudah tahu dimana Anda akan memasarkan hasil ternak Anda.

Anda bisa ternak dengan sistem koloni untuk memudahkan kegiatan beternak Anda. Seperti apa cara benar ternak pleci sistem koloni yang Anda bisa terapkan, akan kami ulas dalam informasi berikut ini!

Cara Benar Ternak Pleci Sistem Koloni

ternak pleci koloni01

Koloni adalah sistem dimana pleci dibiarkan bersama dalam satu wilayah (kurung) bisa diisi oleh 2 burung pleci atau lebih, lebih banyak lebih baik. Karena pada dasar nya burung pleci adalah burung koloni, jadi wajar ketika hanya memelihara 1 ekor dan mencoba peruntungan nya dalam lomba gantangan, pleci tersebut akan nakal lompat2 kesana-kemari di dalam sangkar. Banyak banget keuntungan nya dalam sistem untulan, beberapa nya di bawah ini:
1. Pleci akan lebih senang
2. Akan lebih kalem dan tenang
3. Akan lebih stabil birahi nya
4. Menurunkan over birahi pasca pendopingan

Menurut hasil penelitian, pleci mempunyai koloni nya masing2.. satu koloni kecil burung pleci adalah 5 ekor. Jadi bisa disimpulkan bahwa untuk memelihara pleci, lebih baik peliharalah minimal 5 burung pleci (jumlah jantan/betina tergantung anda)

Ciri-ciri burung pleci cocok menjadi 1 koloni adalah ketika dipisahkan burung pleci nya akan saling sahut menyahut.

Persiapkan dulu kandangnya

Burung pleci merupakan jenis burung kecil yang sebenarnya tidak membutuhkan kandang yang terlalu besar. Jadi jika Anda tidak memiliki lahan yang besar atau hanya ingin memelihara beberapa pasang burung pleci saja, maka dianjurkan untuk Anda menggunakan kandang dengan tipe aviary yang lebih hemat tempat, tidak memerlukan terlalu banyak biaya dan cara perawatannya juga mudah.

Sementara jika lahan yang Anda punya luas, cara benar dalam ternak pleci dengan sistem koloni yang bisa Anda lakukan tentu lebih keren lagi. Anda bisa memanfaatkan kandang dengan tipe solitaire. Hanya saja tipe kandang solitaire tersebut tidak cocok untuk sistem koloni, hanya cocok untuk penangkarannya saja.

Jika kandang sudah siap, Anda juga perlu siapkan tempat minum dan tempat makan bagi burung pleci. Jangan lupa juga untuk Anda letakkan sarang sebagai tempat reproduksi burung Anda.

Pilih indukan burung pleci

Ada baiknya untuk Anda memilih indukan yang berkualitas supaya anakan yang dihasilkan juga punya kualitas yang terbaik. Ada beberapa syarat dalam memilih indukan burung pleci yang Anda harus tahu, diantaranya yaitu :

  • Baiknya Anda usahakan agar indukan jantan dan betina berasal dari spesies atau sub spesies yang sama supaya mudah dalam Anda menjodohkannya.
  • Baiknya Anda pilih indukan baik jantan dan betina yang sehat dan tidak memiliki cacat baik secara fisik atau hanya di bulunya saja.
  • Dalam memilih indukan jantan, ada baiknya Anda pastikan indukan jantan yang Anda pilih telah berbunyi dan lebih baik jika indukan jantan tersebut sudah membuka paruh.
  • Untuk umur indukan jantan, baiknya sudah 1 tahun dan umur indukan betina minimal sekitar 1,5 tahun.
  • Pastikan memilih indukan betina yang sudah jinak dengan kondisi fisik serta kesiapan mental yang baik.

Perhatikan cara menjodohkan burung pleci

Agar bisa mendapatkan keturunan, pleci harus dijodohkan. Nah, cara menjodohkannya harus Anda perhatikan. Cara menjodohkan burung pleci sama halnya dengan Anda menjodohkan burung kicau yang lainnya. Anda perlu menjodohkan dua indukan yang sudah cocok dengan diketahui dari cara mereka berkicau dan cara mereka merespon kicau satu sama lain.

Perhatikan pakan burung pleci

Salah satu aspek yang akan sangat berpengaruh terhadap kualitas anakan adalah apa pakan yang Anda berikan kepada burung pleci yang akan dikembangbiakkan tersebut. Apakah pakan yang Anda berikan berkualitas atau tidak.

Beberapa pakan yang baik dan bisa diberikan untuk burung pleci yang Anda ternak adalah voer, ulat hongkong, jangkrik, kroto, cacing tanah atau cacing sutera. Baiknya Anda selang – seling juga dengan memberikan aneka buah seminggu 2 kali. Tambahkan suplemen atau multivitamin yang dapat meningkatkan kesehatan, kebugaran dan stamina burung pleci.

Perhatikan bagaimana cara Anda memperlakukan pleci setelah bertelur

Setelah masa kawin berakhir kurang lebih 2 minggu, burung pleci akan bertelur. Jadi selama setelah bertelur, perhatikan burung pleci akan tetapi jangan sampai mengganggu indukan. Jika indukan tidak mau mengerami telurnya, maka bisa jadi masalah pada indukan sedang terjadi.

Jika memang begitu, ambil telur dan masukkan ke dalam incubator. Jika tidak terjadi masalah apapun pada indukan, indukan akan tetap mengerami telurnya sampai menetas.

Simak juga artikel kami lainnya:

Merawat anakan burung pleci

Setelah burung pleci berumur 10 hari dan menetas, anakan burung bisa Anda ambil untuk diloloh oleh pemilih. Atau bisa Anda gunakan voer yang telah dicampur bersama air hangat. Anda juga bisa menggunakan jangkrik atau yang lainnya yang telah dipotong dalam ukuran kecil untuk merawat anakan burung plecinya.

Itulah step by step cara benar ternak pleci sistem koloni yang Anda harus perhatikan. Terapkan step by stepnya dengan benar dan pastikan jaga kualitas burung yang Anda ternak. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda, khususnya Anda yang berniat ternak pleci.

Incoming search terms:

  • cara ternak pleci kandang koloni
  • kandang ternak pleci koloni
  • teknik ternak plec
  • Ternak ple
  • ternak pleci koloni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...