google.com, pub-5930214481154296, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tips Pemula Merawat Kenari Yang Benar | BOSTERNAK.COM
Panduan Bisnis Ternak Untung

Tips Pemula Merawat Kenari Yang Benar

banner

Bosternak.com – Burung kenari sampai saat ini masih menjadi favorit di kalangan pecinta burung di Indonesia. Berikut adalah Tips Pemula Merawat Kenari Yang Benar agar diantara pecinta kenari yang belum faham benar tentang cara merawat kenari yang benar agar burung kenari bisa tetap sehat dan berkicau dengan lantang. Bagi Anda yang ingin memelihara burung kenari untuk pertama kalinya, simak beberapa tips perawatan burung kenari untuk pemula berikut ini.

Tips Pemula Merawat Kenari Yang Benar

Tips Merawat Kenari

Simak  :

Cara Dasar Ternak Kenari Sistem Koloni

1. Hindarkan dari hembusan angin langsung

Hembusan angin langsung bisa membuat burung kenari menjadi mudah terserang penyakit. Ketika menggantungkan sangkar burung kenari di luar atau di dalam ruangan, pastikan agar letaknya tidak terkena hembusan angin kencang secara langsung. Jangan menggantungkan sangkar kenari di depan atau di dekat jendela, pendingin ruangan (AC) dan kipas angin.

2. Hindarkan dari sinar matahari langsung

Pancaran sinar matahari langsung bisa menyebabkan burung kenari mengalami heat stroke yang dapat mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, usahakan untuk memlih waktu yang tepat ketika akan menjemur burung kenari. Waktu yang paling tepat untuk menjemur kenari adalah saat matahari terbit dan terbenam. Ketika ingin menjemur di siang hari, sebaiknya sambil dipantau atau menutupi sebagian sangkar dengan kain penutup.

3. Ketersediaan Air bersih

Burung kenari memiliki metabolisme yang tinggi, ketersediaan air bersih harus selalu menjadi prioritas utama. Agar burung kenari terlihat lebih sehat dan segar, jangan memberikan air dari ledeng atau keran karena biasanya banyak mengandung kaporit. Sebaiknya berikan air yang sudah dimasak atau air kemasan.

4. Pemberian Pakan bijian

Pakan utama dari burung kenari adalah jenis biji-bijian seperti millet, canary seed dan niger seed. Akan lebih baik jika campuran atau kombinasi dari ketiga jenis pakan bijian tersebut. Pastikan bahwa ketersediaan pakan bijian untuk burung kenari selalu cukup setiap saat. Pakan tambahan untuk burung kenari bisa berupa wortel, selada, brokoli dan buah apel.

5. Asupan Vitamin dan mineral

Untuk mencegah gangguan kesehatan pada kenari seperti kondisi tubuh yang lemas dan terganggunya penglihatan, maka disarankan agar selalu mencukupi kebutuhan berbagai vitamin A, C, B dan D. Pemberian vitamin pada kenari bisa dilakukan secara rutin dan Anda tidak perlu khawatir akan asupan vitamin yang berlebih karena kelebihan vitamin tersebut akan dibuang bersama feces atau urine burung. Asupan mineral juga harus diperhatikan agar kesehatan kenari tetap terjaga. Mineral yang baik bisa berasal dari tulang sotong yang kaya akan kandungan seng, kalsium, kalium dan magnesium.

6. Kebersihan sangkar

Kebersihan sangkar harus selalu diperhatikan agar burung kenari selalu dalam kondisi yang bugar dan sehat. Bersihkan kotoran burung pada sangkar kenari setiap hari dan jangan lupa untuk membersihkan wadah air minum dan pakan secara rutin. Khusus untuk tenggeran burung, bisa dibersihkan setiap satu minggu sekali

Burung Kenari

Simak juga :

Semoga saja Tips Pemula Merawat Kenari Yang Benar ini bisa menjadi langkah awal anda untuk meniti jalan kesuksesan Budidaya burung Kenari


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...